Wabup Matim Melantik Sistus Mbalur Jadi Camat Borong

redaksi - Rabu, 12 Januari 2022 19:23
Wabup Matim Melantik Sistus Mbalur Jadi Camat BorongCamat Borong yang baru dilantik, Sistus Mbalur, bersama istri. (sumber: Filmon Hasrin)

BORONG (Floresku.com)- Wakil Bupati  (Wabup) Manggarai Timur (Matim), Jaghur Stefanus melantik Sistus Mbalur menjadi Camat Borong menggantikan Maria A. Yarini Gagu.

Kegiatan pelantikan berlangsung di Aula kantor Camat Borong, Kecamatan Borong pada Rabu, 12 Januari 2022.

Dalam sambutannya, Stefanus Jaghur mengatakan menjadi seorang camat adalah suatu kepercayaan dengan penuh rasa tanggung jawab. Karena itu, camat baru harus mampu mengemban tugas dan memikul beban berat untuk menangani berbagai kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Borong.

"Harus mampu mengemban amanat yang tidak mudah terutama dalam memastikan terlaksananya penyelenggaraan urusan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan," tegas Jaghur.

Jaghur berharap agar camat yang baru dilantik bisa menjadi pioner pembangunan, melaksanakan tugas dan fungsi sebagai camat dengan penuh hati dan lebih profesional.

Selain itu, dalam struktur jabatan harus ada pembagian tugas yang jelas, membangun komunikasi yang baik, dan kerja sama yang baik.

Kemudian, Jaghur juga menjelaskan tugas pokok dan fungsi camat sebagaimana ditegaskan dalam Undang-Undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan  Daerah, Pasal 225 Ayat 1.

Pertama, sebagai kepala wilayah untuk menangani urusan dalam wilayah Kecamatam Borong.

Kedua, kedudukan camat berbeda dengan kepala instansi pemerintahan lainnya di kecamatan, karena camat menyelenggarakan tugas instansi pemerintahan lainnya di kecamatan harus berada dalam koordinasi camat.

Ketiga, camat sebagai perangkat daerah juga mempunyai kekhususan dibandingkan dengan perangkat daerah lainnya dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya untuk mendukung pelaksanaan asas desentralisasi kekhususan tersebut secara gamblang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dan melakukan tugas- tugas pembinaan kewilayahan. (Filmon Hasrin). ***

RELATED NEWS