Wapres Ma'ruf Amin Pimpin Rakor Perangi Kesmiskinan Ekstrem di NTT

redaksi - Minggu, 17 Oktober 2021 23:12
Wapres Ma'ruf Amin Pimpin Rakor Perangi Kesmiskinan Ekstrem di NTTWapres K.H. Ma'ruf Amin (sumber: Twitter @setkabgoid)

JAKARTA (Floresku.com) -" Wapres @Kiyai_MarufAmin, Pimpin Rakor Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di NTT Terdapat 5 kabupaten sasaran prioritas di tahun 2021, yaitu Manggarai Timur, Sumba Timur, Sumba Tengah, Rote Ndao, dan Timor Tengah Selatan" Demikian cuitan yang diunggah di akun twitter Sekretatiat Kabinet @setkabgoid, Minggu, 17 Oktober 2021 pukul, 09.40 malam.

Sebelumnya, pada Minggu (17/10) siang, melalui akun facebooknya, Wapres Ma'ruf Amin menulis begini:

Di sela istirahat setelah olahraga pagi di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang, saya menjawab beberapa pertanyaan dari media. Terkait agenda kunjungan kerja di Indonesia Timur, yaitu Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Provinsi Prioritas Tahun 2021.

Baca juga:Jojo Pastikan Indonesia Bawa Pulang Piala Thomas ke Tanah Air, Indonesia

Pemerintah berkomitmen untuk menyukseskan program ini melalui tahapan-tahapan yang telah dirancang. Pada tahapan pertama yang dilakukan adalah menetapkan tujuh provinsi prioritas dan 35 kabupaten yang merupakan kantong-kantong terdalam berdasarkan data SUSENAS BPS Tahun 2020.

Wapres K.H Ma'ruf Amin saat berolahraga pagi di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang (sumber: FB/K.H. Ma'ruf Amin)

Dari penetapan terebut, telah dilakukan dua langkah konkret di setiap lokasi. Pertama, perlindungan sosial, memberi bansos, sembako dan sebagainya. Kedua, pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dua langkah ini untuk lepas dari kemiskinan ekstrem. Target terdekat adalah menghapus kemiskinan ekstrem dan berlanjut ke penanganan kemiskinan secara umum.

Saya juga menyampaikan keprihatin atas bencana gempa bumi yang terjadi di Bali. Pemerintah akan mengambil langkah untuk membantu Pemerintah Provinsi Bali dalam memitigasi korban dan menyalurkan bantuan. Untuk itu, saya menginstruksikan kepada jajaran terkait agar sigap dalam menangani bencana ini dan mengimbau masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi musibah yang terjadi.  ***

Editor: Redaksi

RELATED NEWS