Warga Desa Riit Perlahan-lahan Mulai Tersenyum Karena TMMD Membuka Jalan Baru

redaksi - Jumat, 26 Juli 2024 07:54
Warga Desa Riit Perlahan-lahan Mulai Tersenyum Karena TMMD Membuka Jalan BaruTMMD membuka jalan baru di Desa Riit, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka (sumber: Mardat)

NITA (Floresku.com) - Warga Desa Riit di Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka mulai tersenyum gembira karena Program TMMD membuka akses jalan baru dari desanya.

Betapa tidak, selama bertahun-tahun mereka tenggelam dalam kesedihan  sulit karena tak ada jalan raya yang menghubungkan Desa Riit dan Mahebora dengan desa-desa lain di sekitarnya, dan dengan pusat kecamatan. 

Meski sering dikeluhkan masyarakat selama ini, jalan yang menjadi akses vital yang menghubungkan dua desa tersebut tak kunjung dibuka.

Tidak hanya dikeluhkan, masyarakat pengguna jalan kerap kali mengaspirasikan jalan tersebut, mulai dari aspirasi secara langsung ke tingkat dusun,desa hingga ke tingkat kecamatan.

Hermina Nurak salah satu petani holtikultura di Desa Riit.

"Kami sudah usulkan, melalui pertemuan di tingkat dusun,desa,kecamatan hingga tingkat Kabupaten akan tetap tidak ada tindakan dari pemerintah kalah itu," kata Aulisius Juang, salah seroang  warga Desa Riit.

Menurutnya, kendala mereka tanpa adanya akses jalan mereka kesulitan untuk mengangkut hasil perkebunan yang mana rata-rata hasil kebun mereka yakni holtikultura.

Aulisius Juang, salah seroang  warga Desa Riit.

Untuk mengangkut dan menjual hasil holtikultura warga terpaksa berjalan kaki berkilo-kilo meter dan harus melewati jalan pintas melewati kali dan hasil holtikultura yang di bawah juga tidak seberapa.

Beberapa minggu ini warga sudah mulai tersenyum puas lantaran akses jalan yang mereka harapkan mulai di buka berlahan-lahan

”Saat ini kami sudah bisa tersenyum lebar karena kami tidak perlu lagi berjalan kaki berkilo-kilo untuk memikul hasil holtikultura kami di kebun. Namun, lewat kegiatan TMMD dan dukungan Kepala Daerah Kabupaten Sikka, kami berlahan-lahan mulai merasakan apa yang kami harapkan selama ini," ucap Hermina Nurak salah satu petani holtikultura

Lebih lanjut Hermina juga berterima kasih kepada Pj Bupati Sikka, Panglima TNI, Dandrem, Kasrem dan Dandim 1603/Sikka serta jajarannya yang mana sudah membantu membuka jalan baru bagi para petani-petani di Desa Riit.

Sementara itu Kepala Desa Riit Solvinis Goepi yang di temui media ini di lokasi TMMD mengatakan akses yang dibuka ini banyak manfaatnya karena dapat membantu para petani holtikultura.

Selama ini para petani  memikul hasil holtikultura dengan berjalan kaki. Namun dengan adanya akses jalan baru ini  para petani akan dapat lebih mudah mengangkut hasil pertaniannya.

Kepala Desa Riit Solvinis Goepi.

"Jalan baru ini akan mendorong kemajuan   mengembangkan Desa Wisata Liwulero, Talawair dan Air Terjun Wuapiit yang akan dikembangkan menjadi destinasi wisata. Jalan ini akan menghubungkan lima desa yakni Desa Riit dengan Desa Mahebora, Desa Karakabu, Desa Tadalado dan Desa Nirakliung. Bahkan jalan ini akan membuka askes sampai ke Desa Liakutu dan Desa Gera di Kecamatan Mego”, ucap  Solvinis Goepi.

Selanjutnya Solvinis Goepi berterima kasih kepada ketua Dprd kabupaten sikka,Pj Bupati  Sikka dan Dandim 1603/Sikka serta jajarannya yang sudah suka rela mau membantu membuka jalan bagi masyarakat desa.

Tanpa dana alokasi mungkin kami tidak akan bisa membuka jalan di sini,Kami tidak bisa didanai dengan dana desa, anggaran tidak akan cukup. Kalaupun dipaksa, anggaran dana desa bisa habis di jalan tersebut dan bisa dipastikan tidak maksimal.

"Tidak mungkin didanai dengan dana desa. Kami hanya bisa mengaspirasikan setelah jalan ini dibuka saya akan memprioritaskan untuk membuat rabat tiap tahunnya,"katanya. (Mardat) ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS