Wujudkan Nagekeo Layak Anak, WVI Dukung Pemdes Woewutu Bentuk Forades

redaksi - Selasa, 23 Maret 2021 15:16
Wujudkan Nagekeo Layak Anak, WVI Dukung Pemdes Woewutu Bentuk ForadesForades Nagekeo (sumber: 2021/03/1616488384417.jpeg)

MBAY (Floresku.com) - Wahana Visi Indonesia Area Program Nagekeo-Ngada (WVI AP NADA) sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Nagekeo, mendukung penuh upaya Pemerintah Kabupaten Nagekeo untuk menjadikan Nagekeo sebagai Kabupaten Layak Anak. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong Pembentukan Forum Anak Desa (Forades) sebagai wadah aktualisasi diri anak dan pemenuhan hak-hak anak di tingkat desa. 

Bersama WVI AP NADA dan Dinas PMDP3A Kabupaten Nagekeo, Pemerintah Desa Woewutu, Kecamatan Nangaroro membentuk Forum Anak Desa Woewutu. Kegiatan Pembetukan Forades ini dilakukan di Aula Kantor Desa Woewutu pada Senin, 22 Maret 2021. Kegiatan pembentukan Forades Woewutu ini didahului oleh Sosialisasi Forun Anak dan Hak-hak Anak yang dipaparkan oleh Perwakilan WVI AP NADA, Forum Anak Nagekeo, dan juga Tim  Perlindungan Perempuan dan Anak dari Dinas PMDP3A Kabupaten Nagekeo. 

Paskalis Dasi, Kepala Desa Woewutu, memberikan apresiasi atas pembentukan Forades Woewutu ini. 

“ Sebagai Kepala Desa Woewutu, juga sebagai orang tua, saya merasa bangga dan berterima kasih atas pembentukan Forum Anak Desa Woewutu ini. Forum Anak ini bisa menjadi saluran aspirasi anak-anak di desa ini. Kami mendukung penuh kehadiran Forades ini dan juga kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh anak-anak di desa ini melalui wadah Forades ini,” ujar Paskalis dalam sambutannya. 

Lebih lanjut, Paskalis berharap melalui Forades, anak-anak desa Woewutu terpenuhi hak-hak hidupnya, terutama hak menyampaikan pendapat dan aktualisasi diri. Paskalis juga menyanggupi untuk memastikan adanya dukungan kebijakan dan anggaran dari Pemerintah Desa Woewutu bagi Forades Woewutu ini. 

“ Kita juga akan sediakan anggaran dan juga Sekretariat bagi Forades Woewutu ini,” tambah Paskalis. 

Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Forades Woewutu ini juga difasilitasi oleh Forum Anak Nagekeo. Ine N.S. Lassa dan Valentino Mere Roga, Pengurus Forum Anak Nagekeo, berkesempatan membagikan pengalaman mereka saat bergabung dalam Forum Anak. Bagi keduanya, Forum Anak menjadi tempat paling pas untuk meningkatkan bakat, dan juga kemampuan berorganisasi dan beraktualisasi. 

“Melalui Forum Anak, kita bisa tahu cara berorganisasi. Kepercayaan diri kita lebih meningkat karena kita dibekali pelbagai pelatihan. Jadi jangan ragu untuk bergabung dengan Forum Anak,” jelas Inne Lassa menyemangati rekan-rekannya di Forades Woewutu. 

Otis Kawer Wakerkwa, Manager WVI AP Nagekeo-Ngada, melalui Mordekhai Lalong, Koordinator Pendidikan WVI Kabupaten Nagekeo, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap pembentukan Forades Woewutu. 

“Sebagai organisasi yang mendukung pemenuhan hak dan perlindungan  anak, WVI mendukung penuh pembentukan Forades Woewutu dan siap mendampingi Forades dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya,” ujar Mordekhai. 

Ia juga menyampaikan bahwa dukungan kepada Forades Woewutu menjadi bagian integral pelayanan WVI di desa Woewutu dan di Kabupaten Nagekeo sambil tetap menggandeng mitra-mitra terkait dan Pemerintah Kabupaten Nagekeo dalam kerjasama mewujudkan Nagekeo Layak Anak. 

 Pembentukan Forades Woewutu ini dihadiri oleh 29 perwakilan anak  se-desa Woewutu yang berasal dari SD, SMP dan SMK yang ada di dalam wilayah desa Woewutu. Dalam kegiatan tersebut, perwakilan anak-anak desa Woewutu yang hadir memilih Waldetrudis A. Dosi, sebagai Ketua Forum Anak Desa Woewutu. Pelajar SMK Negeri 1 Nangaroro tersebut mengaku bangga dan bersyukur untuk kepercayaan yang diberikan kepadanya. 

“Saya bangga dan juga bersyukur karena kawan-kawan mempercayakan saya sebagai ketua Forades Woewutu. Semoga saya bisa memimpin Forades ini dengan penuh tanggung jawab.” ujar Waldetrudis. 

Waldetrudis A. Dosi didaulat sebagai Ketua Forum Anak Desa Woewutu setelah berhasil mengungguli  tujuh  kandidat lainnya dalam proses pemilihan yang berlangsung demokratis dan terbuka. Dia akan memimpin Forum Anak Desa Woewutu untuk masa bakti 2021-2023. (ML)

RELATED NEWS