Yuk, Intip Pesona ‘Tersembunyi’ di Pulau Dewata

redaksi - Senin, 31 Oktober 2022 21:22
Yuk, Intip Pesona ‘Tersembunyi’ di Pulau DewataSeorang wisatawan berncengkrama dengan seekor monyet di Sangeh Monkey Forest (sumber: www.indonesia.travel.id)

BALI (Floresku.com) - Sobat Pesona tau enggak sih?  Pada November tahun ini, ada salah satu event besar yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang, lho!  Pada pertengahan November mendatang, Indonesia, khususnya Hotel Nusa Dua, Bali akan  menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT G20. 

Sobat Pesona pasti sudah tak asing lagi dengan Hotel Nusa Dua Bali dan sejumlah destinasi wisata  terkenal lainnya. Tetapi, tahu kah kalian kalau Bali masih memiliki banyak pesona tersembunyi yang belum diketahui oleh banyak orang?

Bertikut ini tiga destinasi memesona di Bali yang perlu Sobat Pesona sambangi saat berada di Pulau Dewata.

1.  Spirit I Gusti Ngurah Rai di Desa Wisata Carangsari

Desa Wisata Carangsari berjarak sekitar 34 kilometer dari Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dan desa wisata ini memiliki beragam daya tarik pariwisata yang siap memanjakan wisatawan. Sebut saja ada rafting, flying fox, petik kopi, memetik kakao, dan glamping.

Sementara daya tarik seni dan budaya di Carangsari juga tidak kalah dengan wilayah lainnya di Bali, karena Carangsari menawarkan akulturasi budaya Bali dengan Tionghoa seperti misalnya Tari Topeng Tugek Carangsari. Selain itu, ada juga Wayang Kulit Paruwe, Wayang Ramoyane, Barongsai, Tari Hanoman, Barangket, Gamelan Bali, dan Barong Landung.

Satu hal yang paling jadi pembeda Desa Wisata Carangsari dengan Desa Wisata lainnya adalah desa ini merupakan tempat kelahiran dari pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai. Semangat perjuangan I Gusti Ngurah Rai ini yang dijadikan semangat masyarakat setempat untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19.

Di Desa Wisata Carangsari ini, Sobat Pesona bisa menemukan patung I Gusti Ngurah Rai yang berdiri kokoh menyambut kedatangan wisatawan.

i gusti ngurah rai

2.  Menyapa Ratusan Monyet di Sangeh Monkey Forest

sangeh

Bagi Sobat Pesona yang mencintai alam dan satwa, tampaknya Sangeh Monkey Forest bisa menjadi pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke Bali. 

Di sini, terdapat ratusan monyet berekor panjang yang lucu dan menggemaskan, yang hidup di area hutan yang menjadi habitat monyet ini.

Hutan ini dikenal sebagai hutan homogen yang memiliki luas sekitar 10 hektare. Selain banyak terdapat tanaman pala, di hutan ini juga terdapat 54 jenis tanaman flora seperti amplas, pule, buni, cempaka kuning, pohpoh, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, di Sangeh Monkey Forest ini, Sobat Pesona bisa pula berinteraksi langsung dengan para monyet, seperti berfoto dan memberi makan. Untuk aktivitas yang satu ini, sebaiknya Sobat Pesona tetap berhati-hati serta didampingi para pemandu.

kera

3.  Berburu Buah Tangan Keren di Desa Wisata Tenganan Pegringsingan

ukiran

Desa Wisata Tenganan Pegringsingan dikenal luas karena komitmen masyarakatnya untuk terus menjaga keaslian budayanya. Pemandangan ini terpampang jelas, jika Sobat Pesona mengunjungi desa Tenganan Pegringsingan.

Sobat bisa temui rumah – rumah yang masih terjaga orisinalitasnya, serta adat istiadat yang masih dijaga oleh masyarakatnya. Sebagai salah satu dari tiga desa Bali Aga, yang berarti desa dengan aturan adat yang masih terjaga, masyarakat desa ini diketahui masih menyimpan seperangkat aturan desa yang telah ditulis sejak abad ke-11 lalu. Peraturan ini telah diperbarui pada tahun 1842.

Selain budaya yang kuat, Desa Wisata Tenganan Pegringsingan juga terkenal di kalangan wisatawan akan produk kerajinan masyarakatnya yang layak dijadikan buah tangan untuk kerabat, dan sanak keluarga. 

Adapun beberapa produk ekonomi kreatif terbaik di desa wisata ini diantaranya; anyaman bambu, ukir-ukiran, lukisan di atas daun lontar, dan kain tenun (kain Gringsing).

Penduduk desa Tenganan Pegrisingan terkenal akan keahliannya menenun kain Gringsing. Kain ini dikerjakan dengan teknik double ikat. 

Konon kabarnya, teknik seperti ini merupakan satu – satunya yang bisa ditemui di seluruh Indonesia, sehingga kain Gringsing dikenal dengan harganya yang tinggi dan sudah sangat terkenal kualitasnya ke seluruh dunia. 

tenun

Nah, setelah semakin paham destinasi memesona di Bali, destinasi wisata mana lagi yang ingin Sobat Pesona kunjungi? Temukan berbagai referensi wisata #MenyapaDesa #DiIndonesiaAja dengan cara follow akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook: @pesona.indonesia, dan kunjungi website www.indonesia.travel.

Saat berwisata nanti, jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M ya, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama.  Selamat merencanakan liburan! (Sumber: Kemenparekraf/inndonesia.travel.id.) ****

RELATED NEWS