Yuk, Nikmati Keelokan Desa Wisata Lembang Nonongan dan Keseharian Orang Toraja

redaksi - Kamis, 25 November 2021 11:44
Yuk, Nikmati Keelokan Desa Wisata Lembang Nonongan dan  Keseharian Orang TorajaDesa Wisata Lembang Nonongan, Toraja (sumber: https://jadesta.com/)

TORAJA (Floresku.com) - “Pesona Desa Wisata Lembang Nonongan memang pantas menyandang kata memesona. DesaWisata  ini memiliki ragam adat dan budaya yang masih dijaga dengan baik oleh warga desa setempat.Gak heran kalau desa ini berhasil masuk 50 besar desa wisata terbaik ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021! Desa ini terletak di Toraja Utara, di sekitar kaki Gunung Sopai. Siap menjelajahi Desa Wisata Lembang Nonon.” Begitu unggahan akun Twitter Pariwisata & Ekonomi Kreatif @Kemenparekraf pada Rabu, 24 November 2021 kemarin.

Desa Wisata Nonongan Terletak di lembang Nonongan Kecamatan Sopai, jarak dari Kota kabupaten sekitar 5 KM. Desa Wisata Nonongan Dadalah desa wisata berbasis Budaya dan Alam.

Desa wisata yang berada di sekitar kaki Gunung Sopai ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 untuk kategori desa wisata rintisan. 

Menparekraf Sandiaga Uno berharap ke depannya Desa Wisata Lembang Nonongan terus berkembang sebagai destinasi unggulan di Toraja Utara mengingat berbagai potensi kearifan lokal yang dimiliki. 

"Desa Wisata Lembang Nonongan terpilih menjadi 50 desa wisata terbaik. Ini adalah kesempatan kita untuk membangkitkan ekonomi, kembali menjadikan Toraja dan Toraja Utara sebagai destinasi unggulan," kata Sandiaga Uno, dalam kunjungan kerjanya ke Desa Wisata Lumbung Nononga, Senin, 22 November 2021.

Memang, banyak hal menarik yang dapat Anda nikmati ketika beriwasata ke Desa Wisata Lembang Nonongan Kunjungan. Anda dapat menikmati suasana pedesaan khas Toraja , sambil melakukan trekking ke bukit Sopai , melewati jalan terjal hutan bambu. 

Dari sana Anda kemudian menelusuri keelokan alam desa di sisi timur Gunung Sopai , hingga melewati rumah Tradisional Toraja yang masih memiliki kesakralan dari Tanduk Kerbau tumbuh. Anda juga dapat merasakan daya magis Sumur Dewata  yang berada di atas Bukit Sopai .

Selain itu , Anda juga dapat menimkati aroma kopi dari  kebun kopi dan usaha pengolahan kopi tradisional. Lebih dari itu, masih disekitar Nonongan terdapat kerajinan arsitek rumah adat Toraja dan kerajinan tenun tradisional kain bermotif Toraja.

Menparekraf Sandiaga Uno bersama para ibu di Desa Wisata Lumbung Nonongan (sumber: /www.celebrities.id)

Bukan cuma keindahan alam serta kerajinan tradisional. Desa Wisata Lembang Nonogan juga menyajikan aneka  kuliner khas Toraja. Sambil mencipi lezatnya masalak kahas Toraja, Anda dapat menyaksikan sendiri bagaiam  para wanita Lembang Nonongan meracik bumbu, memasak dan menyajikan tradisional, seperti  masakan bambu dengan berbagai menu , yakni beras masak bambu , ikan masak bambu serta ayam masak di bambu.

Jadi, Desa Wisata Lembang Nonongan adalah  potret desa di Tanah Toraja yang membuat Anda dapat melihat dan merasakan sendiri kehidupan khas Toraja dalam keseharian. ***

·

RELATED NEWS