Yuk! Simak Beberapa Kiat Belajar di Rumah Saat Pandemi

MAR - Rabu, 04 Agustus 2021 19:45
Yuk! Simak Beberapa Kiat Belajar di Rumah Saat PandemiIlustrasi : Belajar dari Rumah (sumber: id.theasianparent.com)

JAKARTA (Floresku.com) - Pandemi COVID 19 tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat, rencana pemerintah untuk memulai pembelajaran tatap muka masih menemui banyak kendala.  Banyaknya daerah yang masih masuk zona merah ditambah dengan perpanjangan PPKM Level 4, sehingga banyak daerah yang masih memberlakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ), siswa diharapkan untuk belajar dari rumah. Hal ini membutuhkan kebiasaan baru bagi siswa untuk bisa melakukan belajar dirumah. Bagi kamu yang masih pelajar, yuk! Simak tips belajar dirumah saat pandemi.

Berikut  tips belajar dirumah seperti dikutip dari laman oxfordlearning.com:

  1. Cobalah Belajar Aktif

Belajar aktif sesederhana mengajukan pertanyaan sebelum, selama, dan setelah waktu belajar. Ini tidak hanya membantu memberikan arah sesi belajar kamu, tetapi juga membantumu tetap di jalur dan merenungkan bagaimana meningkatkan untuk sesi belajar kamu berikutnya! 

Pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri sebelum kamu belajar: 

  • Apa yang akan saya pelajari?
  • Apa yang sudah saya ketahui tentang subjek ini?

Pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri saat kamu belajar: 

  • Bagaimana informasi ini masuk ke dalam gambaran yang lebih besar?
  • Apakah saya mengerti apa yang baru saja saya baca?
  • Bisakah saya memparafrasekannya?
  • Apakah ada kata kunci atau ide yang perlu saya tulis?
  • Mengapa kata-kata dan gagasan ini penting?

Pertanyaan untuk ditanyakan kepada diri sendiri setelah kamu belajar: 

  • Apa yang bisa saya ambil dari sesi belajar ini?
  • Apa yang perlu saya tinjau atau pelajari lain kali 

Tidur yang nyenyak

Siswa dari segala usia harus tidur setidaknya delapan jam setiap harinya. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan otak segar dan siap memproses semua informasi yang dipelajari sepanjang hari. Mungkin banyak godaan untuk begadang, tetapi istirahat yang cukup akan lebih bermanfaat. 

Tidur malam yang nyenyak sangat penting pada malam sebelum ujian, tidur malam yang nyenyak membuat kamu lebih siap dan meningkatkan memori untuk materi ujian, yang mengarah ke hasil tes yang lebih baik. 2

Belajar Pada Waktu yang Tepat

Setiap siswa memiliki waktu belajarnya sendiri. Beberapa orang suka belajar pada malam hari sementara beberapa orang lebih suka pagi hari. 

Manfaatkan waktu hari Anda merasa paling produktif, dan jangan mencoba memaksakan diri untuk belajar ketika kekuatan otak kamu tidak mencapai puncaknya. 

Cobalah untuk belajar saat kamu paling siap, sehingga kamu dapat memproses dan menyimpan informasi yang kamu pelajari. 

Menciptakan Area Belajar

Baik itu meja dapur atau meja di kamar tidur kamu, ciptakan area belajar yang merupakan zona belajar khusus. 

Cobalah untuk menggunakan tempat tidur Anda hanya untuk tidur dan hindari belajar di dalamnya (bisa terlalu mudah untuk tertidur!). 

Yang terpenting, jaga agar ruang belajar kamu tetap bersih dan teratur sehingga kamu dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk belajar (dan lebih sedikit berusaha menemukan pena yang berfungsi). 

Makan dengan Benar

Jangan lupa makan! Tubuhmu (dan otak kamu) membutuhkan bahan bakar untuk membantu tetap dalam kondisi prima. Plus, sulit untuk fokus ketika perutmu keroncongan. 

Makanlah kudapan sehat saat belajar, tetapi pastikan itu disiapkan terlebih dahulu agar Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyiapkannya. Lebih banyak waktu pergi berarti lebih banyak kesempatan untuk belajar terganggu! 

Tuntaskan Tugas Rumahmu

Selesaikan pekerjaan sehari-hari sebelum memulai sesi belajar kamu untuk menghindari gangguan, atau terganggu oleh daftar tugas yang belum selesai. 

Menuntaskan tugas-tugas membuatmu lebih mudah untuk fokus pada tugas yang ada. Plus, kamu bisa bersantai ketika waktu belajar kamu selesai daripada terbebani dengan tugas-tugas yang harus diselesaikan. 

Buat Jadwal

Membuat jadwal membantu mengatur waktu kamu, menjadwalkan istirahatmu, dan sangat berguna ketika kamu memiliki banyak mata pelajaran untuk dipelajari. 

Tuliskan jadwalmu sehingga kamu dapat mengingatnya dan sering merujuknya. Tetapkan batas yang wajar untuk berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk belajar setiap hari, dan bagi sesi belajarmu menjadi beberapa bagian waktu yang dapat diatur.

Gunakan Timer

Gunakan pengatur waktu untuk membantu melacak waktu dan memastikan kamu tetap pada jadwal yang kamu buat. 

Menyetel pengatur waktu membantumu tetap fokus pada tugas yang ada, berkomitmen untuk bekerja sampai pengatur waktu berbunyi, dan akan membantumu tetap di jalur untuk mencakup semua materi yang kamu perlukan. 

Di atas segalanya, ini membantu menjaga waktu istirahatmu tetap efektif dan bebas dari rasa bersalah (karena kamu telah menyelesaikan belajar!).

 

Tulisan ini telah tayang di halopacitan.com oleh Rahmat Deny pada 04 Aug 2021 

RELATED NEWS