180 Mahasiswa Unipa Maumere Ikut Seleksi untuk Menerima Beasiswa KIP Aspirasi AHP

redaksi - Jumat, 25 Agustus 2023 10:57
180 Mahasiswa Unipa Maumere Ikut Seleksi untuk Menerima Beasiswa KIP Aspirasi AHPAHP berbcara di depan para peserta seleksi bewasiswa KIP, di Hotel Wailiti Beach Maumere Kamis, 24 Agustus. (sumber: Silvi)

MAUMERE (Floresku.com) - Kamis, 24 Agustus 2023, 180 mahasiswa Unipa, Maumere, calon penerima beasiswa KIP, beasiswa aspirasi anggota DPR RI dari Fraksi PDI-P, Andreas Hugo Parera (AHP)  melaksanakan tes wawancara tatap muka  di Hotel Wailiti Beach Maumere.

Peserta tes menunggu untuk diwawancarai (Foto: silvi)

Kepada media ini, AHP menjelaskan bahwa beasiswa ini adalah berasal dari Negara dan melalui dirinya  sebagai anggota dewan dari Komisi X DPR-RI yang membidangi bidang pendidikan.

“Oleh karena itu maka saya mendapat kepercayaan untuk menyalurkan KIP kepada warga masyarakat, terutama pada pelajar dan mahasiswa, yang membutuhkannya,” ujarnya.

“Sejauh ini banyak sekali para calon yang mengajukan lamaran untuk mendapatkan beasiswa KIP melalui saya. Sya selalu menyampaikan secara terbuka dan transparan kepada semua agar bisa menggunakan peluang berharga ini,  yang penting bisa memenuhi kriteria-kriteria dan persyaratan yang telah di tetapkan. Tujuannya agar mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah tepat pada waktunya,” dia menjelaskan.

Memang, dia menambahkan,  seleksi dilakukan secara ketat karena total yang mendaftar beasiswa ini hampir mencapai dua ribuan peserta.

Pantuan media ini di lokasi tes, ada ratusan mahasiswa yang ikut dalam proses wawancara tatap muka. 

Peserta tes menunggu untuk diwawancarai (Foto: Silivi)

Mereka tampak mengantri dan bersabar menunggu giliran untuk diwawancarai panitia seleksi.

 Tampak bahwa proses seleksi penerimaan beasiswa ini dilakukan secara  transparan, dan terbuka bagi semua mahasiswa,  kecuali anak dari ASN, TNI dan Polri. 

“Yang hadir di sini adalah kalian yang sudah memenuhi persyaratan dan kriteria yang sudah di tetapkan, ” kata AHP dalam sambutannya.

Dalam kesempatan baik ini AHP  juga berbagi cerita tentang dirinya juga adalah  penerima beasiswa dari S1 S2 bahkan S3..

“Semoga dengan pengelaman saya ini bisa memberi sipirit bagi  penerima beasiswa agar lebih bersemangat mengejar cita-cita dengan serius dan penuh tanggung jawab,” katanya.

Salah seorang peserta yang ikut seleksi adalah Kristoforus Raja, mahasiswa Semester I di Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan (PGSD) Universitas Nusa Nipa

Sembari kuliah Kristoforus Raja bekerja sebagai pramuniaga di Toko Merdeka Maumere.

“Saya  berdoa agar  bisa lolos seleksi penerimaan  beasiswa ini. Karena saya ingin meringankan beban orang tua. Apalagi, upah saya bekerja sebagai pramuniaga relatif kecil sehingga tidak cukup untuk biaya kuliah dan pengadaan buku-buku kuliah,” ujarnya penuh harap. 

Sebelum itu, diketahui 120 mahasiswa  dari kampus Universitas Muhammadiyah Maumere telah melakukan seleksi untuk menerima program beasiswa yang sama. 

Jadi, secara keseluruhan ada 300 mahasiswa yang ikut seleksi untuk menerima beasiswa KIP Aspirasi AHP.  (Sil)**

Editor: redaksi

RELATED NEWS