400 Anak Meninggal Dunia Akibat Suhu Panas di Eropa dan Asia Tengah

redaksi - Kamis, 25 Juli 2024 11:36
400 Anak Meninggal Dunia Akibat Suhu Panas di Eropa dan Asia TengahIlustrasi: Kematian anak-anak akibat suhu panas (sumber: The Statesman)

JAKARTA (Floresku.com) - Sekitar 400 anak meninggal akibat meningkatnya suhu di seluruh Eropa dan Asia Tengah.

Laporan baru yang dikeluarkan oleh Dana Anak-Anak PBB, UNICEF, mengungkapkan bahwa hampir 400 anak meninggal pada tahun 2021 saja, di seluruh Eropa dan Asia Tengah, karena suhu yang meningkat drastis mengancam kehidupan anak-anak yang paling muda dan rentan.

Diperkirakan 377 anak meninggal pada tahun 2021 akibat meningkatnya suhu di seluruh Eropa dan Asia Tengah.

Ini adalah temuan yang meresahkan yang diungkapkan hari ini, 24 Juli, oleh UNICEF dalam analisis baru data dari 23 negara.

Dalam laporan 'Mengatasi panas: kesehatan anak di tengah gelombang panas di Eropa dan Asia Tengah,' Dana Anak-Anak PBB mendokumentasikan bahwa setengah dari anak-anak ini meninggal karena penyakit yang berhubungan dengan panas pada tahun pertama kehidupan mereka.

Sebagian besar anak meninggal selama bulan-bulan musim panas.

Direktur Regional UNICEF untuk Eropa dan Asia Tengah, Regina De Dominicis, memperingatkan bahwa "sekitar setengah dari anak-anak di seluruh Eropa dan Asia Tengah – atau 92 juta anak - sudah terpapar gelombang panas yang sering terjadi di wilayah yang suhunya meningkat paling cepat secara global."

Komplikasi yang mengancam jiwa

Ia memperingatkan bahwa suhu yang semakin tinggi dapat menimbulkan komplikasi kesehatan yang serius bagi anak-anak, terutama yang paling muda, bahkan dalam waktu yang singkat.

"Tanpa perawatan," katanya, "komplikasi ini dapat mengancam jiwa."

Menurut UNICEF, paparan panas memiliki efek akut pada anak-anak, bahkan sebelum mereka lahir, dan dapat mengakibatkan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, lahir mati, dan kelainan bawaan.

Kematian bayi

Badan PBB mencatat bahwa stres akibat panas merupakan penyebab langsung kematian bayi, dapat memengaruhi pertumbuhan bayi, dan menyebabkan berbagai penyakit anak.

Selain itu, laporan tersebut menjelaskan bahwa panas ekstrem menyebabkan hilangnya lebih dari 32.000 tahun kehidupan sehat di kalangan anak-anak dan remaja di wilayah tersebut.

Mengingat kenyataan ini, UNICEF mendesak pemerintah di seluruh Eropa dan Asia Tengah untuk mengintegrasikan strategi guna mengurangi dampak gelombang panas, berinvestasi dalam rencana aksi kesehatan akibat panas dan perawatan kesehatan primer untuk lebih mendukung penyakit akibat panas di kalangan anak-anak, dan juga berinvestasi dalam sistem peringatan dini, termasuk sistem peringatan panas.

UNICEF mengimbau untuk bertindak

Selain itu, UNICEF menyerukan untuk mengadaptasi fasilitas pendidikan guna mengurangi suhu di area tempat anak-anak bermain dan membekali guru dengan keterampilan untuk menanggapi tekanan panas serta mengadaptasi desain dan infrastruktur perkotaan, termasuk memastikan bangunan, khususnya yang menampung komunitas yang paling rentan, dilengkapi untuk meminimalkan paparan panas.

Selain itu, Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa mengimbau untuk mengamankan penyediaan air bersih, khususnya di negara-negara dengan kualitas dan ketersediaan air yang memburuk.

UNICEF bekerja sama dengan pemerintah, mitra, dan komunitas di seluruh wilayah untuk membangun ketahanan terhadap gelombang panas, dan sering kali membekali guru, petugas kesehatan masyarakat, dan keluarga, dengan keterampilan dan pengetahuan untuk menanggapi tekanan panas. (Leoni/Vatican news). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS