7 Alasan 'Larantuka Beach Barelang' Jadi Destinasi Wisata Favorit di Batam

redaksi - Rabu, 04 Oktober 2023 13:14
7 Alasan 'Larantuka Beach Barelang' Jadi Destinasi Wisata Favorit di BatamPapan petunjuk arah ke Larantuka Beach, Batam (sumber: Rofin Sela Wolo)

BATAM (Floresku.com) - Barelang merupakan akronim dari Batam, Rempang, dan Galang, tiga pulau besar di wilayah administrasi Kota Batam. 

Selain menjadi kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau, Batam juga terkenal dengan sektor pariwisata. Salah satu destinasi wisata yang sedang populer saat ini adalah Larantuka Beach Barelang.

Sempat sepi semenjak adanya Covid-19, kini Larantuka Beach kembali ramai didatangi pengunjung. Apa yang membuat Pantai Larantuka ini menjadi magnet bagi wisatawan di Batam? Berikut beberapa alasannya.

1. Nama Pantai

Nama Larantuka identik dengan nama ibukota Kabupaten Flores Timur, NTT. Belum diketahui secara jelas alasan pemberian nama pantai ini, yang pasti nama Larantuka Beach tentu menarik rasa ingin tahu warga Batam, khususnya yang berasal dari NTT untuk berkunjung dan menikmati keindahan pantai sekaligus mengobati kerinduan akan kampung halaman.

2. Lokasi Strategis

Selain nama yang unik (Larantuka Beach), lokasi pantai ini cukup strategis, tepatnya di Jembatan VI, Pulau Galang, hanya sekitar 40 km dari pusat kota Batam. 

Rute yang ditempuh adalah via jalan Trans Barelang, lalu belok kanan menuju jalan masuk ke area pantai kurang lebih 150 meter.

3. Pemandangan Menakjubkan

Pemandangan pertama yang bisa disaksikan para wisatawan yang berkunjung ke sini adalah hamparan pasir putih yang indah di sepanjang pantainya. 

Selain itu keberadaan beberapa pulau yang berdekatan dengan area pantai menambah sensasi berwisata. Apalagi para wisatawan yang datang tepat waktu 'sun rise' dan 'sun set', sungguh keindahan alam yang menakjubkan.

4. Ombak Tenang dan Laut yang Jernih

Bagi wisatawan yang suka berenang, Larantuka Beach bisa jadi pilihan destinasi wisata yang tepat. Tidak hanya bermain pasir atau sekadar berlarian di bibir pantai, di sini Anda juga bisa berenang. 

Kondisi ombak yang cukup tenang ditambah laut yang selalu jernih pasti membuat Anda betah dan bisa berlama-lama untuk menikmati hobi berenang.


 
5. Biaya Masuk Terjangkau

Pantai ini dibuka untuk umum setiap hari, termasuk hari libur. Berdasarkan informasi dari pengelola pantai harga tiket masuk ke area ini dipatok Rp. 10.000, sudah termasuk biaya parkir. 

Jadi, jika berkunjung kesini Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk menikmati keindahan alam pantai yang luar biasa. Liburan murah tapi berkualitas.

6. Fasilitas Lengkap

Selain keindahan pantai yang menakjubkan dengan suasana yang tenang, untuk menarik minat para wisatawan, pihak pengelola Larantuka Beach juga menyiapkan fasilitas pendukung yang cukup lengkap seperti tolilet umum, gazebo, tempat parkir yang luas, dan juga rumah untuk menginap.

7. Bisa Menginap

Bagi Anda yang datang berkunjung bersama keluarga ke lokasi wisata Pantai Larantuka dan berencana untuk menginap, pengelola juga menyediakan rumah inap. 

Rumah dengan fasilitas lengkap bisa menampung lebih dari sepuluh orang. Menurut informasi biaya menginap.per malam sebesar Rp. 400.000.

Itulah beberapa alasan yang menjadikan Larantuka Beach sebagai destinasi wisata favorit di Batam. Semoga artikel ini bisa membantu Anda merencanakan liburan bersama keluarga. (Rofin Sela Wolo). ***

RELATED NEWS