752 Calon Wisudawan Unika Ruteng Terima Peneguhan Rohani Lewat Rekoleksi dan Misa Pengutusan

redaksi - Jumat, 10 November 2023 20:13
752 Calon Wisudawan Unika Ruteng Terima Peneguhan Rohani Lewat Rekoleksi dan Misa PengutusanSusana Rekoleksi yang diikuti 752 lulusan, calon wisudawan Unika St Paulus Ruteng, Jumat (10/11). (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com)– Para  calon wisudawan dan wisudawati Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng dari berbagai fakultas berkumpul dalam acara rekoleksi dan misa perutusan yang digelar pada Jumat (10/11) di Aula Assumpta Paroki Katedral.

Acara yang dihadiri oleh 752 calon wisudawan sarjana dan ahli madya tahun 2023 ini bertujuan sebagai momen persiapan perutusan serta refleksi mendalam menjelang kelulusan. 

Rekoleksi

RD Andi Jeramat, Pr. memimpin rekoleksi dengan mengangkat tema "Siapa Yang Setia dalam Hal Kecil, Setia Juga dalam Hal Besar, Besar (Qui Fidelis Est In Minimo, Et In Maiori Fidelis Est)".

RD Andi memberikan inspirasi dan semangat bagi para lulusan  yang akan memasuki babak baru dalam kehidupan.

Dalam rekoleksi, RD Andi menggambarkan perumpamaan tentang bendahara yang tidak jujur, mengajak para calon wisudawan untuk berinvestasi dalam hubungan dan relasi sebagai jaminan masa depan, bukan hanya melalui akumulasi aset. 

Dia juga menjelaskan makna kata "Mamon," yang merujuk pada ketergantungan pada kenyamanan, keamanan, dan makanan.

RD Andi menekankan pentingnya kesetiaan dalam hubungan, baik dengan Tuhan maupun sesama. Ia menyoroti bahwa kesetiaan bukan hanya terwujud dalam visi skematis, melainkan dalam kemampuan untuk tetap setia pada komitmen, mengakui siapa yang mempercayakan tanggung jawab. 

Kesetiaan yang ditekankan bukan sekadar ketaatan yang ketat, melainkan ketaatan yang didikte oleh kasih.

Dalam bagian lain renungan rekoleksinya, RD Andi menyampaikan pesan-pesan penuh harapan kepada calon wisudawan, termasuk kekuatan Allah untuk menyegarkan, kemampuan untuk mengatasi persoalan, dan kesanggupan untuk terus maju bila bersandar pada pertolongan-Nya.

Misa perutusan

Setelah rekoleksi, 752 calon wisudawan-wisudawati mengikuti misa perutusan yang juga dipimpin oleh RD Andi, didampingi oleh pastor rekan RP David Jerubu, SVD selaku dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, RD Ignasius F.R Bora selaku Kordinator Seksi Kerohanian Panitia. Dalam kotbahnya, RD Andi mengajak semua untuk menjadi pribadi yang mahal dan berharga, setia sebagai anak-anak Allah, membawa kabar sukacita dalam kehidupan sehari-hari, dan memperkuat keutamaan hidup melalui mendengarkan Allah.

RELATED NEWS