Agustinus Sarifin: 'Berpolitik adalah Panggilan untuk Pengabdian kepada Masyarakat"

redaksi - Jumat, 04 November 2022 08:17
Agustinus Sarifin: 'Berpolitik adalah Panggilan untuk Pengabdian kepada Masyarakat"Agustinus Sarifin (sumber: Dokpri)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat ( DPR ) RI Dapil 1 NTT, Agustinus Sarifin mengatakan berpolitik adalah panggilan untuk pengabdian kepada masyarakat. 

Hal itu Ia sampaikan saat di hubungi oleh media ini, melalui telepon seluler, Kamis (03/11) siang.

Agustinus Sarifin yang akrab disapa Gusti Sarifin mengatakan dirinya maju dalam pemilihan legislatif tahun 2024 melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk membantu masyarakat.

"Lembaga itu tempat orang mengabdi, bukan tempat untuk orang mencari uang, lembaga tempat orang-orang lobi proyek, dan juga lembaga untuk berbisnis tetapi lembaga secara legalitas bekerja untuk kepentingan rakyat dan sepenuhnya untuk berjuang kepentingan rakyat," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, tugas wakil rakyat itu harus membuat aturan yang memihak kepada masyarakat dan dengan regulasi tersebut masyarakat akan menjadi sejahtera kemudian tugas lainnya itu membuat regulasi anggaran untuk membangun perekonomian masyarakat.

Terkait anggaran itu, lanjutnya, seorang legislatif harus bisa memahami apa problem yang dialami oleh masyarakat sehingga tidak sekedar ambil uang dari pusat alir ke daerah tanpa tepat sasaran jadi anggaran itu jadinya mubasir.

“Banyak anggaran yang diluncurkan oleh pemerintah pusat namun kadang tidak tepat sasaran, sehingga uang negara habis perekonomian masyarakat hanya biasa-biasa saja. Itu makanya wakil rakyat itu harus memahami betul apa persoalan yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Bantuan dari pusat kata dia, harus benar-benar mempengaruhi perekonomian masyarakat dengan cara buat karya atau usaha yang bersentuhan lansung, misalnya arahkan masyarakat untuk membuat kelompok, entah itu kelompok tani, ternak dan juga nelayan.

“ Kalau bantuan berupa uang atau bagi-bagi sembako itu tidak efektif untuk membantu perekonomian masyarakat, kecuali kalau ada bencana bari bisa pemerintah menyumbang, tetapi kalau sasaranya masyarakat biasa, wakil rakyat mestinya mendorong untuk membentuk kelompok, entah itu kelompok tani, ternak dan nelayan,” ujarnya.

Sebelumnya, Gusti Sarifin sapaan akrab pria kelahiran Ndoso kabupaten Manggarai Barat itu telah melakukan banyak kegiatan yang bersentuhan lansung dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Respon masyarakat pun begitu antusias terhadap kehadirannya. 

Bahkan, kata dia, saat dirinya bertemu masyarakat ia diminta untuk betul-betul mengkawal setiap kebijakan bilamana dirinya nanti terpilih menjadi anggota DPR RI.

" Kesan saya ketika bertemu masyarakat itu sangat luar biasa, bahkan ada masyarakat yang menceritakan bahwa begitu banyak anggota dewan sekarang yang datang menemui mereka namun ketika sudah duduk di Senayan mereka bahkan tidak muncul lagi, sehingga ada masyarakat yang menyampaikan pesan ke saya, kalau Pak Gusti berhasil nanti jangan lupakan kami disini, dan ungkapan itu menyadarkan saya untuk berjuang lebih keras lagi," ungkapnya.

Sebagai bentuk keseriusannya, Gusti Sarifin telah membantu masyarakat untuk beternak babi. 

Ia mengatakan sebagai aksi nyata dalam upaya penguatan ekonomi masyarakat, setahun terakhir ini melalui Yayasan Peduli, ia bekerja sama dengan sejumlah kelompok peternak  membangun kandang babi di berbagai kabupaten, seperti Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Ngada, Kabupaten Nagekeo,  Kabupaten Ende dan Kabupaten Sikka. 

“Melalui  Yayasan Peduli,  saya dan tim  sedang merangkul para peternak di berbagai daerah untuk membentuk kelompok lalu memanfaatkan lahan tidur dan  membangun kandang babi untuk membudidayakan 10 ribu ekor induk babi,” pungkasnya. (Robby)***

Editor: redaksi

RELATED NEWS