Air Terjun Cunca Wae Dara di Manggarai Tmur: Sangat Asri, Unik dan Menakjubkan

redaksi - Jumat, 15 Juli 2022 19:19
Air Terjun Cunca Wae Dara di Manggarai Tmur: Sangat Asri,  Unik  dan MenakjubkanAir Terjun Wae Dara, dekat Kampung Lopa, Desa Golo Leda, Kabupaten Manggarai Timur. (sumber: Engky Arun)

RUTENG (Floresku.com) - Hampir di setiap daerah di Indonesia dan flores khususnya memiliki kekayaan destinasi wisatanya yang unik. 

Salah satunya adalah Air Terjun Cunca Wae Dara yang terletak  tak jauh  dari Kampung Lopa, Desa Golo Leda, Kabupaten Manggarai Timur.

Secara geografis Kampung Lopa ini berada di antara Kota Ruteng,  ibu kota Kabupaten Manggarai,  dan Kota Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur). 

Oleh karena itu  mudah diakses. Dari Kota Ruteng para pengunjung hanya membutuhkan waktu 1.5 jam menuju lokasi  air terjun, Kampug -Lopa. Tetapi, dari Kota Borong-, butuh waktu satu jam.

Agar bisa menuju ke sana, pengunjung bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi sampai di Kampung Lopa. 

Selanjutnya,  dari Kampung  Lopa pengunjung  berjalan kaki sejauh 2 kilometer untuk mencapai Air Terjun Cunca Wae Dara.

Hingga kini, di objek wisata Air Terjun Cunca Wae Dara belum terdapapat  infrastruktur yang memadai yang dibangun oleh pemerintah. 

Sempat berhembus wacana untuk dijadikan pusat wisata desa,  tetapi hingga saat ini pemerintah desa setempat belum menunjukan langkah-langkah nyata untuk membangun berbagai infrastruktur pendukung untuk meningkatkan daya tarik obyek wisata tersebut.

Meskipun belum dikenal secara luas dan infrastruktur yang masih ala kadarnya, tetapi Air Terjun Cunca Wae Dara merupakan salah satu objek wisata yang sangat indah, unik dan menarik. 

Betapa tidak,  air terjun tersebut  berada di area hutan yang asri dengan  udara  dan aliran air sungai itu juga sangat bersih. 

Hal ini terjadi karena air Sungai Wae Dara ini mengalir menuruni lereng dan lembah yang dipenuhi pepohonan rindang. 

Selain itu sungaii dan Air Terjun Wae Dara terletak jauh dari pusat perkampungan sehingga bebas dari tindakan-tindakan destruktif warga masyarakat.

Hal yang sangat unik dan menambah keindahan dari Sungai dan Air Terjun Cunca Wae Dara adalah bebatuannya yang berwarna merah. 

Hampir di sepanjang sungai pengunjung akan menyaksikan batu-batu yang berwarna kemerah-merahan dengan air yang jernih dan bening mengalir di atasnya.

Konon, hal inilah yang melatari pemberian nama Wae (air) Dara (darah) terhadap air sungai ini oleh masyarakat setempat. 

Hal yang menarik lainnya dari air terjun setinggi lima belas meter tersebut adalah adanya fenomena alam berupa pelangi. 

Ketika mentari pagi bersinar menembusi dedaunan yang rindang di pinggir sungai, cahayanya bertemu dengan butiran-butiran air yang sedang jatuh dari atas ketinggian,  sehinggaterbentukalah sebuah panorama yang sangat indah berupa pelangi berwarna warni. 

Masih banyak hal yang bisa didapatkan oleh pengunjung ketika berwisata ke sana. 

Para pengunjung dijamin akan  merasa betah dan damai saat menyaksikan  Air Terjun Cunca Wae Dara yang menakjubkan itu. 

Ia bagai surga yang menentramkan yang membuat orang enggan beranjak pergi. ***

Laporan: Engky Arun.

 

RELATED NEWS