AJO Matim Warnai HPN dengan Tanam Pohon Ara di Area Sekitar Mata Air 'Wae Komba'

redaksi - Kamis, 10 Februari 2022 09:42
AJO Matim Warnai HPN dengan Tanam Pohon Ara di  Area Sekitar Mata Air 'Wae Komba' AJO Manggarai Timur saat menanam pohon Ara. (sumber: Tim AJO Matim)

BORONG (Floresku.com)-Peringati Hari Pers Nasional (HPN), Aliansi Jurnalis Online (AJO) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) melakukan penghijauan (pohon ara) di area hutan sekitar mata air Wae Komba, Desa Rana Mbeling, Kecamatan Kota Komba Utara pada Rabu, 9 Februari 2022.

Penghijauan yang dilakukan AJO Manggarai Timur tersebut melibatkan Masyarakat Adat, Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, dan Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Timur, Gonis Badjang.

Ketua AJO Manggarai Timur, Yopie Moon mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan penghijauan tersebut.

Menurut Yopie, masalah lingkungan menjadi tanggungjawab bersama karena itu, jurnalis juga harus bersikap aktif dan peka terhadap isu lingkungan. Selain itu, Kegiatan penghijauan yang dilakukan AJO merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan.

"Semoga pohon ara yang telah ditanam bisa dirawat dengan baik dan semoga ke depannya saling berkordinasi terkait masalah lingkungan ini," ungkapnya.

Kepala Desa Rana Mbeling Samforianus Arifman juga menyampaikan terimakasih kepada AJO Manggarai Timur yang telah berkontribusi dalam kegiatan penghijauan di Desa Rana Mbeling.
Menurut dia, penghijaun yang dilakukan AJO merupakan terobosan baru dan tentunya dapat mengacu warga Desa Rana Mbeling untuk menjaga alam.

"Jujur, ini kegiatan yang luar biasa. Terobosan baru yang dibuat oleh teman - teman Jurnalis. Hal ini mengacu kami sebagai masyarakat yang di Desa untuk terus peduli dan menjaga alam", katanya.

Sementara itu Anggota DPRD Manggarai Timur, Gonis Badjang menjelaskan, isu lingkungan menjadi isu sentral Internasional. Karena itu, aksi nyata jurnalis terkait masalah lingkungan hidup sungguh luar biasa.  
Penuh harap ia katakan, semoga aski penghijaun AJO bukanlah akhir melainkan awal dan akan terus berlanjut.

"Terimakasih untuk rekan-rekan jurnalis yang telah berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan di Mata Air," ujar Gonis.

Untuk diketahui, kegiatan AJO  yang bertemakan "Cintai Lingkungan Hijaukan Alam" itu berjalan dengan lancar dan sangat responsif oleh pihak terkait. (Filmon Hasrin). ***

RELATED NEWS