Aktivis Perempuan India Bertekad Seelamatkan Demokrasi India

redaksi - Senin, 11 Maret 2024 15:21
Aktivis Perempuan India Bertekad Seelamatkan Demokrasi IndiaPara aktivis perempuan India menyuarakan hak kaum perempuan, terutama dari daera pemukiman kumuh. (sumber: Crux Now)

MUMBAI, INDIA (Floresku.com) –Para aksitivis perempuan di India berkumpul untuk memperingati Hari Perempuan Internasional, dengan mengatakan bahwa mereka akan berusaha “menyelesaikan semua perbedaan dan menyebarkan cinta, harmoni, dan persaudaraan sebagaimana tercantum dalam konstitusi kita.”

Suster Dorothy Fernandes, Direktur Aashray Abhiya, LSM yang menkampanye pemukinan layak huni bagi warga masyarakat, memimpin perayaan organisasi tersebut pada tanggal 6 Maret lalu.

Sekitar 200 perwakilan dari pemukiman kumuh, partai politik, pusat menjahit dan negara bagian Uttar Pradesh. 

“Kami akan merayakan persaudaraan kami, yang mana tidak mengenal bahasa, tidak ada kasta, tidak ada kelas, kami berdiri bersama dengan umat manusia, yang berjuang untuk memenuhi kedua tujuan,” katanya.

“Inflasi pada perempuan adalah hal yang paling berdampak pada kita, ketika kita terus-menerus dipaksa untuk membuat pilihan mengenai bagaimana menjaga keutuhan keluarga, memberi makan, pakaian, mendidik dan memastikan bahwa tidak ada seorang pun yang merasa tersisih,” lanjut Fernandes.

“Selain itu kami juga melihat peran kami dalam memberikan kontribusi terhadap perekonomian keluarga karena kami menyadari di masa-masa sulit ini kami harus menghidupi keluarga. Kami telah mempelajari seni menyeimbangkan rumah dan pekerjaan; jadi ketika kita berbicara tentang tata kelola, kita tahu apa yang kita bicarakan,” katanya.

Tahun ini tema yang diangkat pada hari itu adalah, “Peran perempuan dalam menyelamatkan Konstitusi dan demokrasi India.”

“Selama bertahun-tahun peran dan kontribusi perempuan tidak diakui; dalam masyarakat patriarki, laki-laki menggunakan kekuasaan dan politik mereka untuk menundukkan perempuan,” kata Fernandes.

Suster religius tersebut mengatakan “seruan keras” diberikan pada tanggal 21 Februari, ketika 3.500 perempuan dan aktivis di Karnataka berkumpul untuk mengenang kontribusi Rani Cheenamma dalam menentang pemerintahan imperialistik Inggris.

Cheenamma adalah Ratu Kittur dari India, bekas negara pangeran di Karnataka saat ini. Dia hidup dari tahun 1778 hingga 1829 dan memimpin perlawanan bersenjata melawan British East India Company, dalam upaya untuk mempertahankan kendali atas negaranya. Namun, dia kemudian ditangkap dan meninggal sebagai tawanan perang.

“Untuk mengenang peristiwa besar ini, kami menghormati perjuangan Rani Cheenamma dan banyak pemimpin perempuan lainnya yang yakin akan peran mereka untuk menyelamatkan Tanah Air kita. Mereka berjuang dengan keras, meski tidak pernah menang karena sulit melawan pola pikir laki-laki,” kata Fernandes.

Tamu utama dalam pertemuan tersebut adalah Dr. Felicitas Roelofsen, seorang ahli bedah kanker dari Jerman.

Pertemuan tersebut membahas Deklarasi Kittur yang dirilis pada 21 Februari dalam sebuah acara yang memperingati kematian Cheenamma. 

“Deklarasi Kittur adalah janji untuk menyoroti kekejaman, ketidakadilan, penindasan dan tirani rezim ini. Dekade terakhir telah terjadi erosi yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap lembaga-lembaga demokrasi kita,” kata aktivis hak-hak perempuan Varsha Deshpande yang membacakan deklarasi tersebut bulan lalu.

“Dalam setiap aspek kehidupan kami, hak-hak kami telah dicairkan. Parlemen dan sistem peradilan kita telah melemah; tatanan sosial terkoyak; perekonomian kita hancur; sistem pendidikan dan sistem kesehatan kita dikorporatisasi dan diprivatisasi; petani kami dikhianati; tanah kami dirampas; undang-undang ketenagakerjaan yang baru mengabaikan hak-hak pekerja; perempuan kami telah diserang dan diserang; anak-anak kami kekurangan gizi; LGBTQIA berada di bawah tekanan yang kuat; dan pada saat yang sama kekuasaan kelas penguasa meningkat dan rakyat dibungkam dengan penggunaan kekuatan,” katanya pada 21 Februari.

Pada acara tanggal 6 Maret, Mukund Singh dari partai RJD berbicara tentang tantangan yang dia hadapi dalam politik sebagai perempuan muda yang berasal dari komunitas minoritas. Dia berkata bahwa dia telah sukses dan berdiri sebagai teladan bagi wanita yang menginspirasi, yang bergerak maju dengan kekuatan dan tekad yang melatih generasi muda untuk mengembangkan bakat mereka, memberikan ruang bagi diri mereka sendiri di dunia.

Singh mengundang para remaja putri dan gadis di pertemuan tersebut untuk saling menyemangati; dia mencontohkan menjadi salah satu dari enam anak perempuan di keluarganya dan dukungan serta dorongan yang dia terima dari ibunya.

Aiman Fatima, seorang psikolog muda, berbicara tentang keterlibatannya dengan remaja putri di pinggiran saat ia berbaur dengan mereka, mendorong mereka untuk mewujudkan impian mereka dengan tekad.

“Kami sebagai perempuan telah memutuskan untuk melanjutkan perjuangan ini, memutuskan untuk tidak menyerah dan melakukan segala daya kami untuk menerjemahkan kekuatan perempuan menjadi suara,” katanya. (Sumber: CruxNow). ***

RELATED NEWS