Anak-anak yang Sakit dan Terluka dari Gaza Tiba untuk Dirawat di Italia

redaksi - Selasa, 30 Januari 2024 17:15
Anak-anak yang Sakit dan Terluka dari Gaza Tiba untuk Dirawat di ItaliaAnak-anak dan orang-orang yang menemani mereka tiba dari Gaza untuk dirawat di Italia (sumber: www.katolikku.com)

ROMA (Katolikku.com) - Anak-anak yang sakit dan terluka dari Gaza yang menderita akibat perang Israel-Hamas telah tiba untuk dirawat di rumah sakit Italia menyusul inisiatif yang digerakkan oleh Fr. Ibrahim Faltas, Vikaris Penjagaan Tanah Suci, dan terwujud berkat dukungan Italia.

Penerbangan khusus yang membawa ke Italia 11 anak pertama dari Jalur Gaza yang sakit parah atau terluka selama pemboman dan pertempuran besar-besaran, yang sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan perawatan di tempat, tiba di bandara militer Ciampino sekitar pukul 21.30. Malam Senin.

Anak-anak tersebut melintasi perbatasan ke Mesir dan dari sana menaiki pesawat menuju bandara Ciampino Roma. Bersama mereka, ada juga seorang pemuda berusia di atas 18 tahun.

Di sini, di Italia, mereka semua akan dirawat di rumah sakit anak terpenting: Bambino Gesù di Roma, yang akan menangani penerimaan dan penyortiran pertama, serta Gaslini di Genoa, Rizzoli di Bologna, dan Meyer di Florence.

Italia menjadi negara Eropa pertama yang melancarkan operasi penyelamatan internasional bagi para korban perang di Gaza.

Sinergi antar Kementerian

“Lusa,” jelas Jenderal Francesco Paolo Figliuolo, “yang berbicara tentang kegiatan sinergis antara berbagai kementerian, “giliran pemberangkatan kapal rumah sakit 'Vulcano' ke Italia, yang saat ini berlabuh di pantai Mesir ."

Kapal ini akan berlayar pada tanggal 31 Januari dengan sekitar lima puluh anak di bawah umur yang didampingi dan dalam 4-5 hari akan berlabuh di pelabuhan barycentric tergantung di mana anak-anak tersebut akan dirawat di rumah sakit.

Pada bulan Februari, angkutan udara akan mulai membawa anak-anak lain yang dirawat di rumah sakit di Kairo ke beberapa rumah sakit di Italia. Tadi malam, rumah sakit Universitas Perugia dan San Marino juga memberikan ketersediaannya.

“Kami akan mendatangkan semua orang yang kami bisa,” yakin Figliuolo.

Karya Pastor Faltas

Inisiatif yang memungkinkan anak-anak Gaza datang ke Italia untuk menerima bantuan mendapat dukungan sejak awal dari Vikaris Penjaga Tanah Suci, Pastor Ibrahim Faltas, yang baru-baru ini memberi tahu L'Osservatore Romano tentang karya pastoralnya dengan para pengungsi. keluarga yang tinggal di Strip.

Baca Juga: Konferensi Islam Internasional ke-23: Mendefinisikan Ulang Peran Agama dalam Menghadapi Tantangan Kemanusiaan

Ketika ditanya apa yang bisa dia lakukan untuk anak-anak yang terluka atau sakit, dia mengatakan bahwa dia "segera berinteraksi dengan struktur pemerintahan Italia dan segera menerima persetujuan yang antusias."

Berkat jaringan padat hubungan yang terjalin selama bertahun-tahun, Pastor Faltas mampu memulai “kegiatan mediasi intensif yang melibatkan,” katanya, “Israel, Palestina, dan Mesir.”

Tadi malam, saat menunggu kedatangan anak-anak kecil dalam penerbangan Angkatan Udara XXXI, Pastor Faltas tidak menahan emosinya atas apa yang ia gambarkan kepada Media Vatikan sebagai "tanda pertama perdamaian. Perdamaian yang membutuhkan pendengaran dan kerendahan hati."

Fransiskan sekali lagi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada rakyat Italia “karena Italia adalah negara pertama di Eropa yang menerima anak-anak dari Gaza yang tidak dapat dirawat. Italia selalu dekat dengan tujuan ini, kami meminta dan mereka menerimanya. anak-anak benar-benar sembuh, mereka akan dapat kembali ke negaranya."
Tajani: komitmen dibuat

Sementara itu, Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Antonio Tajani yang hadir di Ciampino mengatakan kepada Media Vatikan.

“Kami telah bekerja secara intensif dengan pihak berwenang Israel, dengan otoritas nasional Palestina, dan dengan pihak berwenang Mesir. Kami menyelesaikan perundingan pada hari Kamis di Israel. Ini adalah komitmen yang telah kami buat.”

Oleh karena itu ada jaminan bahwa "Italia terus menyatakan solidaritasnya terhadap mereka yang tentunya merupakan korban yang tidak bersalah."

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya akhirnya disampaikan oleh Duta Besar Palestina untuk Italia, Abeer Odeh, yang mengatakan ia “terharu” dengan sambutan yang diberikan kepada anak-anak korban serangan brutal di Gaza.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah Italia yang telah membantu anak-anak di bawah umur kami. Kami berharap lebih banyak lagi anak yang diterima.” ***

RELATED NEWS