Bangga Campur Haru, Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Dimeriahkan dengan Lagu Gemu Fa Mi Re

redaksi - Kamis, 17 Agustus 2023 13:32
Bangga Campur Haru, Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Dimeriahkan dengan Lagu Gemu Fa Mi ReSebagian tamu menari Gemu Fa Mi Re pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Instana Negara, Kamis (17/8) siang. (sumber: youtube)

JAKARTA (Floresku.com) - Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia kembali digelar di Istana Merdeka pada hari ini Kamis 17 Agustus 2023. Upacara kali ini mengusung tema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’.

Pada upacara tersebut dilakukan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Acara dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih. Usai pengibaran bendera merah putih, TNI dan Polri mempersembahkan flypas pesawat tempur dan helikopter.

Tarian Gemu Fa Mi Re menjadi salah satu atraksi yang ditampilkan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8). 

Uniknya, tidak hanya manusia yang menari dalam kesempatan ini, tetapi juga empat buah helikopter yang berada di langit istana.

Momen ini diawali oleh pertunjukkan flypass pesawat tempur F-16, diikuti dengan pengibaran bendera raksasa lewat helikopter, serta pertunjukan pesawat akrobatik dari tim Jupiter. Atraksi udara itu menimbulkan decak kagum dari para peserta upacara yang berada di halaman Istana Merdeka.

Empat helikpoter ‘menari’ Gemu Fa Mi Re di langit Istana Negara, Kamis, 17 Agustus 2023. (Youtube).

Setelah akrobat-akrobat itu selesai, muncullah tim pegasus yang terdiri dari empat unit helikopter menampilkan tarian Gemu Fa Mi Re.

 Empat helikopter yang berada di atas istana itu tampak terbang berhadapan lalu berputar mengikuti irama lagu Gemu Fa Mi Re. 

Warga masyarakat yang hadir pun tampak antusias dengan memberikan tepuk tangan dan beberapa teriakan.

Bukan hanya helikopter yang 'bergoyang', barisan pasukan TNI/Polri yang berada di lapangan upacara tampak ikut berjoget sambil tetap memegang senapan mereka.

Sementara itu, di panggung utama tampak Ibu Iriana Joko Widodo pun ikut berjoget menggerakkan tangannya sambil tersenyum lebar, sedangkan Presiden Joko Widodo hanya tersenyum. 

Adapun Presiden kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri yang duduk di belakang Jokowi dan Iriana bertepuk tangan mengikuti irama. 

Di barisan bangku hadirin, sejumlah pejabat negara juga asyik berjoget, antara lain, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri, Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman, dan Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Penutup demo udara formasi pesawat tempur F-16 dengan ucapan selamat yang disampaikan dari dalam kokpit pesawat tempur F-16 TNI AU l.

"Kami Elang-elang angkat udara penjaga tanah air dari ketinggian 1000 kaki mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia Terus Maju untuk Indonesia Maju Salam Swa Bhuwana Paksa," kata seorang pilot dalam kokpit pesawat tempur F-16.

Bikin bangga dan haru

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 memang membuat bangga seluruh warga bangsa Indonesia. Presiden Jokowi mengatakan bahwa peringatan kemerdekaan kali ini menekankan kebhinekaan. Oleh karena itu semua peserta mengenakan pakaian tradisional dari seluruh Nusantara, mulai dari Banda Aceh hingga Marauke.

Busana Ternaik: Raja Amarasi (paling kiri) dan Menkeu Sri Mulyani berbusana Timor NTT

“Kebhinekaan dan keanekargaman budaya adalah cirikkhas dan kekuatan kita bangsa Indonesia. Jika kita solid, bersatu padu maka bangsa kita akan menjadi bangsa yang kuat,” ujarnya.

Sementara itu, Maria Leonora, warga Flores diaspora mengaku sangat terharu menyaksikan upacara HUT Kemerdekaan RI di istana hari ini.

“Warna warni pakaian tradisional menimbulkan rasa banga dan haru. Sebagai orang NTT karena pada upacara jali ini, budaya NTT cukup diakui. Ada lagu Gemu Fa Mi Re. Selain itu, pada anugerah busana terbaik, Raja Amarasi dan Ibu Sri Mulyani yang mengenakan busana NTT didaulat sebagai orang yang berbusana terbaik. Ini benar-benar bikin bangga dan haru,” pungkasnya.  (Silvia). ***

RELATED NEWS