Bersama Panwaslu Cibal Barat, Warga Desa Bere Siap Awasi Pemilu 2024

redaksi - Jumat, 09 Desember 2022 17:14
Bersama Panwaslu Cibal Barat, Warga Desa Bere Siap Awasi Pemilu 2024Warga Desa Bere dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif terkait Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Panwaslu Cibal Barat di Kantor Desa Bere, Jumat, 09 Desember 2022. (sumber: Jivansi/Yones H.)

CIBAL BARAT(Floresku.com) - Warga Desa Bere, Kecamatan Cibal Barat, Kabupaten Manggarai mengungkapkan kesiapannya untuk membantu Panitia Pengawas Pemilu [Panwaslu] Kecamatan Cibal Barat dalam mengawasi seluruh proses dan tahapan Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh warga Desa Bere dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif terkait Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Panwaslu Cibal Barat di Kantor Desa Bere, Jumat, 09 Desember 2022.

Salah satu warga Desa Bere yang hadir sebagai tokoh pemuda di dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Igen mengatakan, sudah saatnya warga turut serta di dalam kerja kepengawasan Pemilu.

"Syukur bahwa hari ini Panwaslu Cibal Barat datang ke sini, kita pun siap bantu ke depannya. Sebagai warga yang punya kedaulatan tertinggi, kita sesungguhnya memiliki tanggung jawab untuk mengawasi Pemilu ini agar berjalan dengan benar. Jadi tugas pengawasan ini tidak hanya dilakukan oleh Panwaslu. Tetapi tanggung jawab kita semua," kata Igen dalam sesi diskusi pada kegiatan tersebut.'

Sementara itu, warga Desa Bere lainnya bernama Yosep menjelaskan, pengawasan dari masyarakat sendiri merupakan bagian terpenting untuk menyukseskan Pemilu 2024 nanti.

Menurut Yosep, peran aktif masyarakat dalam mengawasi Pemilu ialah salah satu kunci untuk melahirkan orang-orang yang berkualitas, yang nantinya akan menjadi pemimpin di negeri ini.

"Kami berterima kasih kepada Panwaslu yang sudah lakukan sosialisasi ini. Kami tentu akan bantu Panwaslu awasi Pemilu ini. Sebab, kalau Pemilu kita awasi dengan baik, saya yakin, itu akan melahirkan orang-orang atau pemimpin-pemimpin yang berkualitas, yang bekerja untuk membangun hidup kita sebagai rakyat," ujar Yosep yang juga adalah tokoh masyarakat di Desa Bere.

Sementara itu, Komisioner Panwaslu Cibal Barat yang membidangi Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Isfridus Jelahut mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi atas antusias dan komitmen warga Desa Bere untuk membantu kerja kepengawasan Panwaslu Cibal Barat ke depannya.

"Ke depannya, kita akan berkolaborasi dan bekerja sama dalam menyukseskan Pemilu 2024 ini. Laporkan kepada kami apabila dalam proses dan tahapan Pemilu, ada pihak tertentu yang melakukan pelanggaran," kata Efridus Jehalut kepada warga Desa Bere. (Jivansi/Yones H.) ***

RELATED NEWS