Biarawati Fransiskan Dapat Penghargaan karena Pengabdiannya kepada Masyarakat Adat di Filipina

redaksi - Senin, 14 Oktober 2024 08:12
Biarawati Fransiskan Dapat Penghargaan karena Pengabdiannya kepada Masyarakat Adat di FilipinaSr Minerva Caampued bersama anak-anak dari Masyarakat Adat di Kota Sta Anna, Filipina (sumber: Vatican News)

MANILA (Floresku.com) - Seorang anggota kongregasi Suster-suster Apostolik Fransiskan telah diakui atas karyanya dengan masyarakat adat di provinsi Cagayan, menurut sebuah laporan yang dimuat di Konferensi Waligereja Filipina (CBCP).

Sr Minerva Caampued terpilih sebagai penerima Penghargaan St. Teresa dari Kalkuta oleh Yayasan AY dari Grup Perusahaan Yuchengco dan Manila Jaycees.

"Melalui kepemimpinannya, ia mendirikan sekolah-sekolah PAG-ASACA, melestarikan warisan Agta sambil menyediakan pendidikan, dan mendirikan Koperasi Agta Diget, yang mempromosikan mata pencaharian yang berkelanjutan," kata Yayasan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Sr Minerva Caampued (Sumber: GMA Network)

Sr Minerva menerima penghargaan tersebut dalam sebuah upacara yang diadakan pada tanggal 4 Oktober.

Saya mendedikasikannya untuk masyarakat Agta, yang terus menghadapi tantangan dalam mempertahankan wilayah leluhur mereka, menegaskan hak-hak mereka, dan melestarikan warisan budaya mereka yang kaya di tengah-tengah marjinalisasi,” katanya.

"Dedikasi Suster Minerva juga mencakup perlindungan lingkungan, perawatan kesehatan, dan program pemberian makanan bagi suku Agta. Ia tetap menjadi contoh cemerlang tentang kasih sayang, harapan yang menginspirasi, dan transformasi—meningkatkan kehidupan melalui pelayanan tanpa pamrih. Karyanya yang luar biasa benar-benar mewujudkan semangat Santa Teresa dari Kalkuta."

"Kekuatan dan ketahanan mereka merupakan sumber inspirasi yang terus-menerus bagi saya. Penghargaan ini bukan hanya milik saya, tetapi juga penghargaan atas semangat mereka yang tak tergoyahkan," tambahnya. (Sandra/Sumber: GMA News/Katolikku.com). ***

RELATED NEWS