Bill Gates: 'Tato Elekronik Akan Gusur Dominasi Ponsel'

redaksi - Kamis, 15 September 2022 21:17
Bill Gates: 'Tato Elekronik Akan Gusur Dominasi Ponsel'Bill Gates (sumber: www.youtube.com)

SEATTLE (Floresku.com) - Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft telah memperkirakan Tato Elektrnok -jenis teknologi baru-, akan menggantikan dominasi  ponsel.

Sekarang ini ponsel atau smartphone  menjadi pusat  dari hampir seluruh pasar teknologi dan mendominasi hampir seluruh aktivitas kita. Namun, kata Bill Gates, hal ini tidak selalu terjadi dan tampaknya tidak akan demikian pada masa datang.

Perangkat Tato Elektronik penggngti Smartphone yang ditanam pada kulit muka. (umber: Google.com)

“Tato elektronik akan menggusur dominiasi ponsel dari kehidupan kita,” ujarnya.

Saat ini, dia menambahkan, para inovator sedang mencoba untuk fokus pada penguatan ekosistem, bergerak menuju realitas virtual atau membuat produk mereka berfungsi secara unik, bahkan tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Tato telah menjadi tren di antara banyak orang dan langkah selanjutnya, dalam hal evolusi, tampak jelas bagi pengembang teknologi: untuk membawa nilai pada tato di luar sentimental dan estetika. 

Chaotic Moon tampaknya telah menemukannya,  dan Bill Gates percaya bahwa mereka telah mencapai sasaran. 

Chaotic Moon adalah tim pengembangan teknologi yang dibeli oleh Accenture pada tahun 2015. Terletak di Amerika Serikat, telah ditandai dengan melemparkan desain yang berisiko ke tabel pendanaan dan hanya dalam 10 tahun kehidupan (mereka lahir pada 2010) telah menarik perhatian Bill Gates dengan tato elektronik mereka.

Tato elektronik yang diusulkan oleh Chaotic Moon berada di perbatasan antara estetika dan bioteknologi. 

Ini bukan tentang penanaman chip atau komponen lain seperti halnya dengan bionik, tetapi tinta tato itu sendiri adalah kunci untuk segalanya. Ini adalah tinta yang memiliki 'nanotracker' yang mampu mengumpulkan, menerima, dan mengirim informasi.

Di antara data yang akan disimpan oleh tato ini, awalnya ada pembicaraan tentang informasi medis dan olahraga, yang memungkinkan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit, serta meningkatkan kinerja fisik dan olahraga melalui tanda-tanda vital.

Mengutip dari Marca, Kamis (8/9) data dari tato elektronik ini akan disimpan, termasuk kondisi kesehatan sampai intensitas olahraga untuk mencegah terjangkit penyakit tertentu di masa depan. 

Walaupun teknologi masih dalam pengembangan, muncul harapan akan ada pengembangan lebih lanjut untuk tato elektronik yang bekerja dengan tinta spesial yang mana mengkonduksi hantaran listrik.

"Daripada pergi ke dokter setahun sekali untuk mengecek kondisi fisik Anda, tato ini bisa menjadi sesuatu yang Anda pasang di tubuh Anda setahun sekali. Dan pantau semua yang akan diuji oleh benda ini kemudian kirimkan ke dokter Anda. Jika ada masalah, dokter bisa menghubungi Anda," kata Eric Schneider dalam video Chaotic Moon yang diunggah di YouTube. 

Para pengamat teknologi informasi,  tampaknya sepandapat dengan Bill Gates ketika memprediksi masa depan tato elektronik.

Mereka sudah mebayangkan bahwa melalui perangkat baru itu, warga dunia akan saling berkomunikasi,  merekam data dan gambar dan berbagi informasi hanya dengan memberikan perintah dari otak langsung ke chips yang sudah terpasang di kulit tubuhnya seperti tato.  (Silvia) ***
 

Editor: redaksi

RELATED NEWS