Sambut Pesta Kanonisasi Beato Yohanes Baptis Scalabrini, Komunitas Scalabrinian Maumere Gelar Scalabrinian Cup 2022

redaksi - Kamis, 15 September 2022 14:17
Sambut Pesta Kanonisasi Beato Yohanes Baptis Scalabrini, Komunitas Scalabrinian Maumere Gelar Scalabrinian Cup 2022Komunitas biara Scalabrinian Maumere menggelar Scalabrinian Cup 2022. (sumber: Frater Ovan Jedadu CS)

MAUMERE (Floresku.com) - Menyambut Kanonisasi Beato Yohanes Baptis Scalabrini yang jatuh pada tanggal 9 Oktober 2022 mendatang, Komunitas biara Scalabrinian Maumere menggelar aneka kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan turnamen sepak bola yang akrab dikenal dengan sebutan Scalabrinian Cup 2022.

Frater Ovan Jedadu, CS dalam keterangan tertulisnya yang diterima jurnalis media ini, pada Minggu 12 September 2022 menerangkan, turnamen sepak bola ini diadakan sebagai salah satu bentuk ungkapan syukur dan sukacita bersama ketika Bapa Suci, Paus Fransiskus mendeklarasikan secara resmi bahwa Beato Yohanes Baptis Scalabrini akan dikanonisasi tanggal 09 Oktober mendatang.

Kanonisasi Beato Yohanes Baptis Scalabrini ini, lanjutnya, merupakan momentum bersejarah sekaligus sukacita besar bagi seluruh Kongregasi Missionaris Scalabrinian di dunia. 

Dalam nada sukacita itu, Komunitas Scalabrinian yang ada di Maumere pun turut merayakannya dengan aneka kegiatan. Salah satunya adalah turnamen sepak bola.

"Dalam turnamen sepak bola ini, sebanyak delapan tim dipastikan ikut berkompetisi, diantaranya adalah: Karmel FC, Kamilian FC, Stigmata FC, Somascan FC, Bruderan Nazaret FC, Rogationist FC, Awan FC, dan Scalabrinian FC," cetus Fr. Ovan, CS.

Lebih lanjut, Fr. Ovan, Cs menerangkan, Kongregasi Missionaris Scalabrinian sejatinya telah berkarya di seluruh dunia selama 138 tahun di dunia.

Perjalanan pelayanan yang cukup panjang ini, kata Fr. Ovan, CS, tetap berpijak pada semangat humilitas dalam melayani para perantau (migran), pelaut, dan pengungsi.

“Sejalan dengan itu, melalui turnamen sepak bola yang mengikut sertakan delapan tim ini, kita berharap agar semua tim bisa memupuk semangat humilitas demi membangun rasa persaudaraan yang erat,” tuturnya.

Senada dengan itu, Frater Chuong, Cs dalam komentarnya menyampaikan syukur dan terima kasihnya atas terselenggaranya kompetisi sepak bola ini.

Menurutnya, turnamen sepak bola ini setidaknya menjadi salah satu barometer dalam melihat sejauh mana setiap pribadi itu bisa bekerja sama dan juga membagi semangat humilitasnya dengan satu sama lain dalam sebuah tim.

"Poinnya bahwa apakah kita mampu membagi semangat humilitas dengan yang lainnya dalam sebuah tim,” cetus Frater Chuong, CS.

Berlangsung meriah

Turnamen Scalabrinian Cup 2022 yang dilangsungkan di lapangan sepak bola Seminari tinggi Interdioesan St. Petrus Ritapiret ini dibuka secara resmi oleh Pater Eman, CS selaku penanggung jawab utama kegiatan, pada Minggu 11 September 2022

Adapaun yang hadir dalam kegiatan pembukaan turnamen ini, Rektor Biara Scalabrinian Maumere, Pater Yopi Sadipun, CS, para frater dari komunitas Scalabrinian Maumere dan juga beberapa tim yang turut mengambil bagian dalam turnamen ini.

Data yang berhasil dihimpun media ini, turnamen Scalabrinian Cup 2022 hingga kini masih babak penyisihan. (Jivansi/Frater Ovan Jedadu CS). ***

RELATED NEWS