Bupati Don Bosco Do Lantik 35 Anggota PPK Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Nagekeo

redaksi - Jumat, 06 Januari 2023 10:56
Bupati Don Bosco Do Lantik 35 Anggota PPK Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten NagekeoSuasana acara pelantikan 35 anggota PPK tingkat Kabupaten Nagekeo, Rabu, 4 Januari 2023. (sumber: nagekeokab.go.id)

MBAY (Floresku.com) - Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do melantik dan mengambil sumpah 35 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 tingkat Kabupaten Nagekeo di Aula Hotel Pepita, Mbay, Rabu 4 Januari 2023.

Hadir dalam pelantikan tersebut ini  Komisioner KPU Nagekeo, Kapolres Nagekeo AKBP Yudha Pranata, Pasi Intel Kodim 1625/Ngada Letda Adam Natal, Komisioner Panwaslu Nagekeo, para Camat dan para saksi rohani.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do dalam sambutannya berharap para PPK yang sudah dilantik mampu memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sebagaimana yang diamanatkan kepada PPK selaku penyelenggara pemilu.

“Ini tugas mulia, setelah dilantik di pundak kalian ada beban. Kamu harus kuasai betul peraturan tupoksimu. Baca pakta intergritas, pegang teguh itu dan kerja menurut peraturan itu” pesan Don Bosco.

Bupati mengatakan, penyelenggara pemilu baik itu KPUD, PPK hingga PPS di tingkat desa rentan dengan godaan. Godaan bisa datang dari berbagai kalangan, terutama dari kontestan baik itu calon DPD, gubernur, bupati, hingga para caleg.

“Para kompetitor akan sangat jeli melihat siapa yang punya power. Nah dengan mengenal ini kalian sudah bisa jaga dirimu. Tugas ini begitu mulia” ucap Don Bosco.

Don Bosco mengungkapkan, tugas penyelenggara pemilu seperti KPU, Panwas, PPK hingga PPS di tingkat desa/kelurahan adalah tugas mulia layaknya seorang nabi.

Tuhan mengutus para penyelenggara pemilu untuk memilih pemimpin bagi masyarakat, dan ini merupakan suatu tugas yang sangat mulia dan sangat berat.

“Dulu Tuhan menuntun kita memilih para pemimpin itu melalui nabi, sekarang ini Vox Populi Viox Dei (Suara Rakyat adalah Suara Tuhan), pemimpin dipilih dan ditentukan oleh rakyat” pungkas Don Bosco.

Sementara itu Ketua KPUD Nagekeo Quirinus Eleuterius menyatakan bahwa ke-35 peserta yang dilantik tersebut adalah mereka yang telah lolos seleksi secara online. Ke-35 orang tersebut dibagi ke setiap kecamatan, masing-masing 5 orang.

“Kita berharap dengan dilantiknya PPK ini mereka bisa membantu tugas yang dihandel KPU, membantu memperlancar semua tahapan tahapan pemilihan umum tahun 2024 ini” ungkap Quirinus.

Dalam penyelenggaraan Pemilu serentak nanti, KPU dibantu oleh KPU provinsi dan kabupaten/kota, di tingkat kecamatan dan kelurahan sampai kepada tingkat pemungutan suara.

Ia menjelaskan, setelah pelantikan PPK, maka selanjutnya, KPU Nagekeo akan segera merekrut PPS yang akan bertugas di desa dan kelurahan.

“Setelah ini kita akan lakukan seleksi PPS, seleksi tertulis kemudian kita lakukan wawancara dan selanjutnya dilakukan penetapan” jelasnya. (Silvia/nagekeokab.go.id). ***

 

Editor: redaksi

RELATED NEWS