Bupati Heri Ajak Warga Desa Bulan, Kecamatan Ruteng Tanam Anakan Pohon Merbau

redaksi - Kamis, 05 Januari 2023 20:58
Bupati Heri Ajak Warga Desa Bulan, Kecamatan Ruteng Tanam Anakan Pohon MerbauBupati Hery menyerahkan anakan Pohon Merbau kepada warga Desa Bulan, Kecamatan Ruteng, Rabu, 4 Januari 2023. (sumber: Kominfo Manggarai.)

RUTENG (Floresku.com) - Bupati Manggarai,  Herybertus G.L Nabit, S.E.,M.A  mengajak warga Desa Bulan, Kecamatan Ruteng untuk menaman anakan Pohon Merbau,  Rabu, 04 Januari 2023. 

Bupati Hery melakukan hal itu guna mengatasi lahan kritis di wilayah tersebut.

Tiba di lokasi sekitar pukul 15.00 wita, Bupati Herybertus dan rombongan yang terdiri dari pimpinan OPD, para Kepala Bagian, Camat Ruteng,  dan Sekretaris Camat Ruteng diterima secara adat melalui ritual Manuk Kapu dan Tuak Curu oleh masyarakat setempat.

Setelah Bupati Hery melakukan penyerahaan  anakan pohon Merbau kepada warga masyarakat setempat, Bupati Herybertus Nabit dan anggota rombongannya mengajak Kepala Desa Bulan dan jajarannya serta warga masyarakat Desa Bulan untuk  bersama-sama  menanam anakan Pohon Merbau di lahan kritis.

Bupati  berpesan kepada warga agar sama-sama menjaga anakan pohon yang sudah ditanam.

Bupati Hery juga berpesan agar masyarakat juga  menanam jagung.

“Kalau warga masyarakat setuju, nanti pemerintah akan siapkan bibit jagung.Tapi yang disiapkan bukan bibit  jagung untuk kita makan, tetapi jagung yang akan dijual di pasar,”ungkapnya.

Bupati Hery menambahkan, kebutuhan jagung masih sangat tinggi, sehingga perluasan areal atau lahan untuk jagung masih sangat diperlukan.

”Bisa juga nanti tanam dengan jambu Krista dan pastikan juga kalau sudah berbuah bisa dipasarkan dengan mudah. Dan diharapkan juga sumber air di sekitar sini tetap terjaga,”katanya.

Bupati Hery mengatakan di awal tahun 2023, pemerintah sudah mulai dengan kegiatan penanaman anakan pohon. "Ke depannya, pemerintah bersama masyarakat akan bekerja sama dalam menjalankan program-program pemerintah.  Kita harus ada kerja sama yang baik. Kalau pemerintah bekerja masyarakatnya tidur, tidak ada gunanya. Begitu juga kalau masyarakat bergerak pemerintah tidur pasti tidak ada gunanya juga, “ujar Bupati Hery.

“Saya juga minta kepada masyarakat agar mulai bangun komunikasi yang baik dengan pemerintah. Mulai dari hal-hal kecil seperti menanam pohon. Artinya, apa yang kita sudah mulai melakukan hal baik hari ini,”katanya.  (JON/Kominfo Manggarai)***


 

RELATED NEWS