Bupati Hery Ajak BUMN dan BUMD Dukung Pembangunan di Manggarai Lewat Program CSR

redaksi - Rabu, 16 Februari 2022 06:39
Bupati Hery Ajak BUMN dan BUMD Dukung Pembangunan di Manggarai Lewat Program CSRBupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit. (sumber: Istimewa)

RUTENG (Floresku.com) - Bupati Manggarai, Herybertus G. L. Nabit, membuka rapat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai dengan pimpinan BUMN dan BUMD di Kabupaten Manggarai dalam rangka optimalisasi program corporate social responsibility (CSR). 

Rapat itu digelar di Aula Nuca Lale, Kantor Bupati Manggarai, Selasa,15 Februari 2022.

Turut hadir dalam rapat itu, Bagian Perencanaan Keuangan Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Didi Untung Wijayadi; Asisten Pemerintahan dan Kesra, Frumensius Linus Tojo Kurniawan, SE; pimpinan OPD, sejumlah pimpinan BUMD dan BUMN serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam arahannya, Bupati Hery menyampaikan bahwa pembiayaan pembangunan tidak bisa hanya mengharapkan APBD atau PAD saja. 

“Dari dulu hingga sekarang Pemkab Manggarai sangat tergantung pada  pembiayaan yang berasal dari pemerintah pusat, baik melalui Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Bagi Hasil (DBH),’ ujarnya sebagaimana dilansir Labuan Bajo Terkini (15/2).

Bupati Hery berharap agar masyarakat,  juga harus berperan serta khususnya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), apalagi saat beban  keuangan Pemkab  yang berat akibat dampak pandemi Covid-19.

Ia juga sangat mengharapkan agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk ikut memberikan kontribusi dalam pembangunan daerah baik melalui CSR maupun kontribusi jenis lainnya.sangat diharapkan, 

“Pertemuan hari ini lebih pada menggugah keterlibatan kita semua. Kami menyadari pimpinan BUMD dan BUMN merupakan perwakilan dari kantor pusat masing-masing. Keputusan pasti ada di pusat, tapi tidak ada salahnya kita berkumpul seperti ini untuk membangun koordinasi kita. (Saya) berharap pertemuan hari ini memberi dampak untuk pembangunan,” katanya.

 “Saya berharap jangan sampai ada lembaga BUMN atau BUMD tidak memilik program CSR untuk mendkukung pembangunan di daerah ini,” katanya lagi. 

Memang program CSR itu tidak harus melalui APBD, bisa juga langsung ke masyarakat. 

“Tapi saya minta untuk kegiatan CSR yang langsung ke masyarakat tolong juga disampaikan informasinya kepada kami, supaya jangan ada program pembangunan yang tumpang tindih,” ujarnya.

“Sebab sekarang ini banyak orang baik yang datang membantu upaya pembanunan di daerah ini. Kami diminta untuk tunjukkan lokasi, tidak lagi ke lokasi yang sudah dibantu oleh lembaga lain. Apalagi kalau jenis bantuannya sama,” tutupnya.

Optimalisasi DAK

Sehari sebelumnya, Senin (14/2) di tempat yang sama Bupati Hery membuka Rapat Optimalisasi Usulan Kegiatan yang Bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Rapat tersebut menghadirkan Tim dari Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri),  dihadiri oleh seluruh Pimpinan Perangkat Daerah, para Sekretaris dan para Kepala Bidang yang ada di OPD lingkup Pemkab Manggarai.

Pada kesempatan tersebut Bupati Hery berharap agar dengan pelaksanaan rapat optimalisasi tersebut, DAK Pemkab Manggarai untuk tahun 2023 lebih maksimal lagi. Sebab itu diminta komitmen semua OPD untuk memaksimalkan usulan, tetap waktu dan penuhi persyaratan yang ditentukan. (SS) ***

 

RELATED NEWS