Bupati Nagekeo Don Bosco Do Serahkan Bantuan Peralatan TKM ke Kelompok Kema Sama di Ratongomobo

redaksi - Selasa, 27 Desember 2022 12:38
Bupati Nagekeo Don Bosco Do Serahkan Bantuan Peralatan TKM ke Kelompok Kema Sama di RatongomoboBupati Don serahkan bantuan peralatan TKM ke Kelompok Kema Sama di Ratongomobo (sumber: www.nagekeokab.go.id)

BOAWAE (Floresku.com) - Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do menyerahkan bantuan peralatan kelompok Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Kelompok Kema Sama di Kelurahan Ratongamobo, Kecamatan Boawae, Kamis 22 Desember 2022.

Bantuan tersebut berupa mesin press multifungsi 1 unit, genset 5 Kva 1 unit, mesin profil tangan 1 unit, mesin gurindam tangan 1 unit, pahat 5 unit, pemukul 5 unit dan gergaji kayu 4 unit.

Kelompok Kema Sama merupakan kelompok yang bergerak di usaha jasa meubel yang berbasis di Kampung Ekosoza, dengan jumlah anggota sebanyak 10 orang.

Bantuan itu bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2022 melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Kabupaten Nagekeo program penempatan tenaga kerja dengan sub kegiatan perluasan kesempatan kerja.

Turut hadir mendampingi Bupati pada kesempatan itu, Kepala Dinas Transnaker Kabupaten Nagekeo Aurelius Asan, Camat Boawae Vitalis Bai, Kapolsek Boawae Ipda Haruna, Pihak Pemerintah Kelurahan Ratongamobo dan Kelompok Kema Sama.

Bupati Nagekeo dalam sambutan singkatnya berharap bantuan tersebut dapat memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi anggota kelompok.

Guna memastikan kelompok bisa eksis ke depannya, Bupati mendorong seluruh anggota kelompok untuk membentuk koperasi jasa usaha dengan melibatkan seluruh masyarakat sebagai anggotanya.

Don Bosco juga berharap kelompok garis bisa memastikan pasokan bahan baku secara berkelanjutan dengan cara menanam kembali jenis jenis pohon yang biasa dimanfaatkan untuk keperluan meubeler maupun bahan bangunan.

“Ini yang harus dipikirkan oleh setiap anggota kelompok untuk menyiapkan pembibitan baru sehingga stok bahan bajunya tetap ada” saran Bupati Don Bosco.

Selain bahan baku jenis kayu, Bupati meminta masyarakat untuk membudidayakan tanaman bambu, menjalin kerjasama dengan Yayasan Bambu Lestari.

Lebih lanjut Bupati menekankan pentingnya kelompok untuk bisa memperhatikan pola rantai pasok usaha mulai dari kesiapan bahan baku, pengolahan menjadi suatu produk yang siap dipasarkan hingga kepada pangsa pasar.

“Jadi ada yang menanam menyiapkan bahan baku, ada yang kerja dan ada juga yang mencari pasar” ucap Don Bosco.

Kepala Dinas Transnaker Kabupaten Nagekeo Aurelius Asan menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan tindak lanjut daripada Pemerintah Kabupaten Nagekeo atas proposal yang diusulkan oleh Kelompok Kema Sama.

Dia mengatakan bahwa, setelah kelompok mengajukan proposal, Dinas Transnaker melakukan verifikasi faktual di lapangan baik itu berupa administrasi keaktifan anggotanya.

“Setelah mereka ajukan proposal, kita turun survei lagi dan kami sudah beberapa kali melakukan pertemuan. Kita mau pastikan apakah kelompok ini benar-benar membutuhkan atau tidak, dan yang paling penting peralatan ini sesuai dengan keahlian yang mereka miliki atau tidak” jelasnya.

Mantan Kasat Pol PP Kabupaten Nagekeo ini mengatakan, tahun ini selain kelompok Kema Sama, ada tiga kelompok lain yang juga mendapatkan bantuan serupa.

“Banyak yang mengajukan proposal, akan tetapi setelah kita verifikasi ada yang tidak layak karena banyak yang usulkan bahan, sementara kita yang bisa kita bantu itu alat, bukan bahan” katanya.

Dia berharap, kelompok Kema Sama bisa memanfaatkan bantuan itu demi meningkatkan ekonomi anggotanya. Semua anggota kelompok juga diharapkan punya kesadaran untuk bisa menjaga dan merawat barang bantuan pemerintah tersebut.

“Ya kita berharap komitmen moril dari kelompok, artinya mereka harus bersyukur karena dari sekian banyak masyarakat mereka salah satu kelompok yang mendapatkan itu” ucapnya.

Di tempat yang sama Ferdinandus Tue salah satu anggota Kelompok Kema sama menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Nagekeo atas bantuan itu.

Di hadapan Bupati, Ferdinandus mengucapkan terima kasih sebab, selama ini Pemkab Nagekeo di bawah kepemimpinan Bupati Don Bosco sudah banyak memperhatikan kebutuhan masyarakat melalui sejumlah program kegiatan yang masuk ke wilayah mereka.

“Terimakasih Bapak Bupati yang sudah banyak peduli dan memperhatikan kami masyarakat Ratongomobo, dan khusus untuk bantuan alat ini, kami anggap bahwa ini merupakan kado natal dari Bapak Bupati untuk kami” pungkasnya. (RSN/Sevrin)

RELATED NEWS