Deklarasikan Pemilu Damai, Kodim 1603/Sikka: 'Mari Bersama-sama Jaga Keamanan Pesta Demokrasi'

redaksi - Rabu, 08 November 2023 13:40
Deklarasikan Pemilu Damai, Kodim 1603/Sikka: 'Mari Bersama-sama Jaga Keamanan Pesta Demokrasi'Kodim 1603/Sikka Gelar Deklarasi Pemilu Damai, Rabu (8/11). (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Kodim 1603/Sikka mengggelar deklarasi Pemilu Damai 2024. Deklarasi damai ini ditujuhkan agar kita bersama-sama menjaga keamanan pesta demokrasi agar tidak terjadi  perpecahan serta kerusuhan.

Komandan Kodim 1603/Sikka Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo S.I.P., mengatakan upaya menangkal kerusuhan yang berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah di Indonesia adalah dengan mengedukasi masyarakat agar bersama-sama kita menjaga keamanan dan ketertipan pesta demokrasi yang akan datang.

Dalam deklarasi pemilu damai yang digelar di Aula Mahkodim Sikka, Rabu (8/11), dihadoro oleh sejumlah elemen masyarakat mulai dari Partai Politik, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, Foropimda dan jurnalis.

Semua elemen tersebut turut dihadirkan untuk berkomitmen bersama menjaga perdamaian dan mencegah perpecahan.

"Deklarasi pemilu damai ini digelar untuk mencegah terjadinya kericuhan.Anggota TNI-Polri dilarang keras terlibat dalam partai politik yang mana akan menimbulkan permasalahan diseluruh wilayah Indonesia punya potensi menimbulkan kericuhan kalau tidak dikemas dengan baik, sesuai instruksi Panglima TNI", jelas Dandim

Sementara itu Jurubicara KPU Kabupaten Sikka Herimanto dalam sambutannya mengatakan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 2024 mendatang kami tidak bisa berjalan sendiri,semua harus ada kerja sama ,kolaborasi dan gotong royong agar bisa mensukseskan pemilu mendatang.

Herimanto juga membeberkan sesuai aturan perbub nomor 33 tahun 2022 ada 11 tahap dalam proses penjaringan calon legislatif, mulai dari tahap pendaftaran hingga penetapan calon Legislatif (DCT).

“KPU tetap berkomitmen untuk melaksanakan tahapan pemilu, proses Pemilu dapat berjalan aman dan lancar, ” ujarnya.

Herimanto mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di Makodim 1603/Sikka.

Menurutnya, kegiatan Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 menggambarkan dan memberikan kedamaian dalam penyelenggaraan pemilu yang akan datang.

“Tentunya dalam pelaksanaan pemilu mendatang, KPU Sikka tidak bisa bekerja sendiri tentunya semua itu harus ada kolaborasi, bekerja sama dan bergotong royong untuk menyukseskan pemilu 2024 mendatang,” ucapnya.

Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024 di tandai dengan penandatanganan kesepakatan siap mewujudkan pemilu damai dan demokratis“Dari Sikka Untuk Indonesia”. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS