Dengar Pendapat di SMKN l Ende, Julie Laskodat Ajak Sekolah Jadi Promotor Pariwisata Ende Harus Ramah Lingkungan

redaksi - Jumat, 09 Desember 2022 10:44
Dengar Pendapat di SMKN l Ende, Julie Laskodat Ajak Sekolah Jadi Promotor Pariwisata Ende Harus Ramah LingkunganAnggota MPR RI Julie Sutrisno Laiskodat Melakukan Dengar Pendapat Bersama di Aula SMKN l Ende, Jumat (9/12). (sumber: Rian)

ENDE (Floresku.com) - Anggota DPR-RI dari Partai Nasdem, Julie Sutrisno Laiskodat melakukan dengar pendapat bersama para guru dan murid dari tiga sekolah yang ada di Kabupaten Ende di aula SMKN l Ende. Kamis, 9 Desember 2022, pagi.

Dalam tatap muka tersebut, Julie Sutrisno Laiskodat bersama Wakil Bupati Ende, anggota DPRD Kabupaten Ende dari Fraksi Partai Nasdem mengatakan bahwa sekolah harus mampu menjadi motor penggerak pariwisata di Kabupaten Ende.

Anggota MPR RI Julie Sutrisno Laiskodat  foto bersama guru SMKN I Ende dan Wabuup Ende pada  acara Dengar Pendapat Bersama di Aula SMKN l Ende, Jumat (9/12). (Foto: Rian).

"Ende memiliki banyak destinasi pariwisata yang harus di jaga dan dilestarikan bersama, kita tidak hanya mengharapkan pemerintah, sekolah juga harus mampu menjadi penggerak dalam menjaga serta melestarikan pariwisata di Kabupaten Ende ini".

Ketua teritorial pemenang Partai Nasdem wilayah Bali dan Nusa Tenggara menjelaskan bahwa, saat ini pariwisata kita belum di optimalkan dengan baik, sementara secara keseluruhan di Nusa Tenggara Timur  dan Kabupaten Ende khususnya memiliki banyak objek wisata, seperti alam yang indah dan berbagai peninggalan sejarah pada masa lalu.

Saat ini pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ingin membuat pariwisata memiliki nilai lebih tinggi, dan lebih berkelanjutan atau dikenal dengan konsep sustainable tourism, lebih peka terhadap komunitas lokal dan terhadap budaya lokal.

"Bukan soal jumlah atau banyaknya wisatawan yang diharapkan datang, tetapi lebih pada berapa lama mereka menikmati daerah wisata, seberapa besar uang yang di keluarkan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Ende".

Lebih lanjut, ketua Dekranasda Provinsi NTT berharap kepada pihak sekolah baik SMKN l Ende, SMKN 7 Detusoko dan SMK Syurdikara Ende harus mampu menjadi role model untuk sekolah lain. Karena salah satu faktor penunjang pariwisata yaitu kebersihan dan ramah lingkungan. (Rian) ***

RELATED NEWS