Dikabarkan Maju dalam Pilkada Manggarai, Fabi Nambu: Kalau Tuhan Menghendaki, Kenapa Tidak?

redaksi - Jumat, 21 Juli 2023 09:45
Dikabarkan Maju dalam Pilkada Manggarai, Fabi Nambu: Kalau Tuhan Menghendaki, Kenapa Tidak? (sumber: null)

RUTENG (Floresku.com) - Gong Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Manggarai yang baru memang masih jauh panggang dari api. 

Namun demikian, beberapa nama yang diisukan akan maju bertarung dalam pertarungan politik lima tahunan tersebut nampaknya sudah mulai ramai dibicarakan di tengah masyarakat. 

Salah satunya adalah nama pengusaha sukses asal Lawir-Ruteng, Fabianus Benediktus Nambu.

Menanggapi hal itu, kepada Floresku.com, pada Kamis 20 Juli 2023 di Ruteng,  pria yang akrab disapa Fabi Nambu tersebut  mengatakan bahwa, isu yang beredar tersebut memang benar dan bukanlah hal yang baru. 

Hal itu mengingat bahwa dirinya juga pernah didorong oleh masyarakat dan keluarga serta kerabat dekatnya untuk maju dalam pergelaran Pemilukada pada tahun-tahun sebelumnya.

Meski demikian, lanjutnya, untuk maju dalam pertarungan politik, dirinya perlu melihat dan membaca peluang yang ada terlebih dulu sambil meminta petunjuk kepada Tuhan agar diberikan jalan yang terbaik sehingga keputusan yang lahir nantinya tidak mengecewakan banyak orang, khususnya masyarakat yang selalu mendorongnya untuk maju dalam Pemilukada. 

"Dorongan dari masyarakat itu selalu mengalir. Dan Kalau Tuhan menghendaki, kenapa tidak? Saya pasti siap maju. Dan saya yakin bahwa setiap orang yang punya niat baik, pasti akan diberikan jalan yang baik pula sehingga keputusan yang saya ambil tidak mengecewakan masyarakat yang selalu mendorong saya untuk maju kan?," ujar pria kelahiran Lawir, tahun 1969 tersebut.

Lebih lanjut, alumnus teknik sipil Universitas Janabadra Yogyakarta itu menyebutkan bahwa, salah satu komitmen penting yang mesti ada dalam diri ketika menjadi seorang pemimpin itu adalah mesti pro rakyat. 

Di dalamnya, kata Fabianus, seorang pemimpin itu mesti bisa membuat terobosan baru yang menjawabi persoalan yang ada di tengah masyarakat. 

Bukan sebaliknya, menghadirkan persoalan baru yang membuat masyarakat kian susah dan merasa tidak puas dengan roda kepemimpinan yang dijalankan.

"Poinnya bahwa pemimpin itu mesti pro rakyat. Di dalamnya, masyarakat kecil itu mesti merasakan hasil pembangunan yang diprogramkan. Dan saya pikir, seorang pemimpin itu dinilai sukses apabila dia bisa menjawabi atau menyelesaikan keluhan dan persoalan yang ada di tengah masyarakat," ujarnya.

"Dan dorongan untuk membantu lebih banyak masyarakat kecil inilah yang selalu terngiang dalam hati kecil saya dan memotivasi saya untuk maju dalam Pemilukada Manggarai kalau memang Tuhan menghendaki," tambah alumnus SDK Ruteng 2, Manggarai tersebut.

Lebih jauh, ketika disentil terkait program yang ditawarkan kepada masyarakat Manggarai, Fabianus menyebutkan bahwa, jika Tuhan merestui niatnya tersebut maka hal yang akan dilakukannya, yaitu: pertama, penguatan perekonomian rakyat. 

Kedua, memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, seperti pangan. Ketiga, mendorong masyarakat yang berkualitas. Keempat, pembangunan yang merata dan berkualitas. 

Kelima, rakyat adalah Bos. Maksudnya, semua program yang ada hendaknya untuk kepentingan Rakyat banyak.

"Semua ini menjadi komitmen saya jika memang Tuhan merestui. Pada intinya bahwa kita mesti kerja dengan tulus sesuai dengan aturan yang ada demi kebaikan semua masyarakat Manggarai," pungkasnya.

Profil Fabianus Benediktus Nambu

Fabianus Benediktus Nambu adalah putra kelahiran Lawir-Ruteng, 2 Agustus 1969. 

Ia menamatkan pendidikan Sekolah Dasarnya pada SDK Ruteng 2, Flores, NTT (1980), SMP Darma Bhakti, Ruteng Flores, NTT (1986) dan SMAK St. Thomas Aquinas, Ruteng Flores, NTT (1990).  

kemudian ia melanjutkan studinya ke Universitas Janabadra Yogyakarta, mengambil jurusan Teknik sipil. 

Sejak duduk di bangku sekolah, Fabianus Nambu banyak melibatkan diri dalam organisasi. 

Sementara itu, dalam dunia politik, Fabianus diketahui pernah menjabat sebagai sekertaris Partai Demokrat Papua Barat hingga menjadi ketua tim pemenangan pemilihan Gubernur di Papua Barat. (Jivansi). ***

Bagikan

RELATED NEWS