Gunakan M-Banking, Yuk Mari Perhatikan Hal Berikut ini

MAR - Sabtu, 14 Agustus 2021 14:45
Gunakan M-Banking, Yuk Mari Perhatikan Hal Berikut ini (sumber: null)

BANDARLAMPUNG (Floresku.com}  - Praktis alias tidak ribet membuat M-Banking jadi pilihan gaya hidup kekinian.

Namun, dengan banyaknya orang yang menjadi pengguna m-banking ini, maka akan lebih banyak pula oknum-oknum yang melakukan cyber crime atau kejahatan di dunia maya. Untuk itu kita sebagai pengguna m-banking harus benar-benar berhati-hati dalam menggunakannya dan lakukan hal-hal ini agar m-banking kita tetap aman.

Hindari menggunakan WiFi umum

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa WiFi umum/publik memang gratis, tetapi kita kan belum tahu gimana keamanannya, iya kalau kuat, kalau lemah gimana? Kan bisa aja data kita diretas oleh para oknum-oknum hacker dan saldo kita bisa aja dicuri ataupun bisa juga ditranfer ke rekening hacker kan. Bukan untuk negatif thinking ke orang, Cuma antisipasi kan juga perlu.

Pengguna m-banking, Rutinlah memperbarui data

Agar tidak terjadi akan hal-hal yang buruk pada m-banking kita. Akan lebih baiknya kita selalu meng-update data mulai dari SIM Card pada ponsel yang kita gunakan dan tersambung ke m-banking. Sehingga kode OTP akan otomatis terganti. Dan data-data penting lain yang berhubungan dengan m-banking baik alamat, NIK maupun apapun itu. Selain itu juga kita harus selalu mengupdate aplikasi m-banking kita agar keamanan lebih terjaga.

Jangan lupa aktifkan notifikasi pada akun

Dengan mengaktifkan notifikasi pada akun, maka akun m-banking kita bisa aman, kenapa demikian? Misal jika ada transaksi-transaksi yang ada pada riwayat m-banking. Namun kita tak pernah merasa melakukan transaksi itu. Maka kita bisa segera mungkin konfirmasi ke pihak bank, maupun mengganti pin, data diri dan lain sebagainya yang berhubungan dengan akun m-banking kita.

Pengguna m-banking, gantilah pin secara berkala

Biar tak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan pada m-banking kita. Untuk itu kita harus mengganti pin secara berkala. Minimal 3 bulan lah. Kan nggak setiap hari juga. Jadi jangan malas buat ganti pin m-banking ya, biar data aman transaksi aman juga kan!

Apakah kalian sudah melakukan hal-hal tersebut secara rutin? Kalau belum segera lakukan ya, biar m-banking kita juga aman dan hati kita pun tenang.(*)

Tulisan ini telah tayang di kabarsiger.com oleh Yunike Purnama pada 14 Aug 2021 

Tags BankBIM-BankingWifiBagikan

RELATED NEWS