HUT TNI ke-78 Usung Tema: 'TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju'

redaksi - Kamis, 05 Oktober 2023 08:49
HUT TNI ke-78 Usung Tema: 'TNI Patriot NKRI,  Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju'HUT TNI ke-78 di Maumere (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023 digelar di Lapangan MaKodim Sikka, dipimpin oleh Inspektur Upacara Danlanal Maumere, Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan, S.I.P., P.S.C,  sedangkan Letda Inf Nikolaus Nama Dalot bertindak sebagai Perwira Upacara dan Lettu Lek Rudi sebagai Komandan Upacara, Kamis 5 Oktober 2023.

HUT TNI Ke-78 Mengusung tema 'TNI Patriot NKRI,  Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju'

Pada kesempatan itu, Danlanal Maumere, Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan, S.I.P., P.S.C membacakan amanat Panglima TNI Yudo Margono,S.E.,M.M Laksamana TNI.

Dalam amanatnya Panglima TNI memberi pedoman kepada seluruh anggota TNI agar meningkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan  mental pada setiap pelaksanaan tugas.

Ia juga menginstruksikan kepada para anggota TNI agar selalu berpegang teguh pada amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta menjaga 
terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Ia meminta seluruh anggota TNI untuk  melaksanakan komitmen netralitas TNI, mengikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah  diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Panglima TNI juga  mewajibkan para naggota TNI untuk selalu  menjalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementrian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk, menjaga nama baik TNI dimanapun berada, dan selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Diwawancarai usai upacara, Danlanal mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabuapten Sikka, Polres dan semua pihak yang mendukung segala rangkaian kegiatan, sehingga dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

Danlanal menambahkan, TNI akan terus menjaga kondusifitas wilayah, sehingga warga masyarakat aman dan nyaman dalam menjalani keseharian aktifitasnya.

“Semoga seluruh masyarakat yang berada di wilayah teritorial Kodim 1603/Sikka dan Lanal Maumere, dapat lebih manunggal bersama TNI,” ungkap Danlanal

Sementara itu, PJ Bupati Sikka Adrianus Firminus Parera, juga mengucapkan Dirgahayu HUT TNI yang ke-78 dan berharap sinergi TNI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka semakin kuat, sehat, profesional semakin dekat dengan rakyat.

"Jaya selamanya TNI demi menjaga keutuhan NKRI, UUD 1945 dan Pancasila. TNI Adalah Kita,” kata Firminus

Menurutnya, sesuai dengan tema HUT TNI pada 2023 ini, "TNI Adalah Kita", memiliki arti mendalam serta benar-benar bisa berada di tengah rakyat Indonesia khususnya Kabupaten Sikka.

"Tentunya bisa lebih mengayomi masyarakat dan bisa menjaga negara Indonesia dari para pengganggu kedaulatan," imbuhnya.

Ia menilai momentum dari kegiatan tersebut adalah menyatukan TNI dengan rakyat Indonesia secara menyeluruh tanpa melihat suku, agama dan tingkatan. (Mardat). ***

RELATED NEWS