IFG Labuan Bajo Marathon 2023 Dikuti Pelari Manca Negara dan Berlangsung Meriah

redaksi - Sabtu, 04 November 2023 08:27
IFG Labuan Bajo Marathon 2023 Dikuti Pelari Manca Negara dan Berlangsung MeriahPelari dalam ajang IFG Labuan Bajo Marathon 2023 memasuki garis finish di Kawasan Waterfront City Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Sabtu (4/11) pagi. (sumber: ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - ‘IFG Labuan Bajo Marathon’ yang menjadi ikon baru agenda olahraga atletik di Tanah Air, berlangsung meriah di Labuan Bajo, Sabtu, 05 November 2023, pagi.

Laurrensius Sale (Ren), seorang peserta dari Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Manggarai Barat mengaku senang bisa ikut dalam ajang atletik berskala nasional yang diikuti ribuan peserta dari Indonesia dan sejumlah peserta dari manca negara itu.

“Sangat bangga bisa ikut ajang marathon ini. Bukan soal juara, tetapi soal partisipasi. Sebab, yang jadi juara adalah para pelari profesional. Kami berpartisipasi untuk memeriahkan saja,” ujar Ren kepada Floresku.com sesaat ajang marathon dimulai, Sabtu, 04 November 2023, pagi. 

Laurrensius Sale (Ren), seorang peserta dari Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Manggarai Barat (Foto: TR)

Pada IFG Labuan Bajo Marathon 2023, jumlah peserta yang mendaftar mencapai 2.000 pelari, meningkat 45 persen dari jumlah peserta IFG Labuan Bajo Marathon 2022.

Dalam keterangan persnya, Jumat (3/11),  Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko mengung-kapkan tak hanya pelari dalam negeri, IFG Labuan Bajo Marathon 2023 diikuti juga oleh 47 pelari manca negara, berasal dari Autralia, Jepang, Italia, Austria, Zambia, Singapura, Yaman, Belanda, India, Kenya, Ethiopia, dan Perancis.

Agenda Tahunan IFG

IFG Labuan Bajo Marathon 2023 yang merupakan agenda tahunan sejak 2022 diselenggarakan oleh holding badan usaha milik negara (BUMN) asuransi, penjaminan, dan investasi Indonesia Financial Group (IFG) beserta anak perusahaan. 

Tri Sasongko juga menuturkan, sebagai ikon baru agenda lari di Indonesia yang mengusung konsep sport tourism, IFG Labuan Bajo Marathon sejalan dengan visi pemerintah untuk menggerakkan perekonomian di berbagai daerah, tertutama melalui sektor pariwisata.

”Kombinasi olahraga lari dan pariwisata (sport tourism) ikut menggerakkan perekonomian masyarakat, serta bisa menjadi motor penggerak perekonomian di kawasan timur Indonesia,” ujar Hexana dalam konferensi pers IFG Labuan Bajo Marathon 2023, Jumat (3/11).

IFG Labuan Bajo Marathon yang akan diselenggarakan pada Sabtu (4/11/2023) dengan start di Waterfront City Labuan Bajo, melombakan beberapa kategori, antara lain Marathon, Half Marathon, 10K, dan 5K dengan hadiah total Rp 500 juta dan tambahan bonus Rp 10 juta untuk pemecah rekor IFG Labuan Bajo 2022.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para peserta, penyelenggara menyiapkan delapan ambulans bersama tenaga medis serta perlindungan asuransi. 

Penyelenggara juga didampingi Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) untuk memastikan bahwa perlombaan sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku.

Ketua Pelaksana IFG Labuan Bajo Marathon 2023 sekaligus Sekretaris Perusahaan IFG, Oktarina Dwidya Sistha menjelaskan, penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon 2023 didukung oleh sumber daya lokal di Labuan Bajo.

”Sebagai wujud komitmen dan semangat kolaborasi, penyelenggara bekerja sama dan mendapat dukungan teknis dari 500 masyarakat lokal Labuan Bajo selama pelaksanaan IFG Labuan Bajo Marathon 2023. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat tersebut,” ujar Sistha. 

Masyarakat lokal yang terlibat tersebut sudah mendapatkan pelatihan sebelumnya dan siap bertugas dalam berbagai posisi antara lain pacers, marshal, petugas water station, dan berbagai peran teknis pendukung lainnya.

Kehadiran para pelari IFG Labuan Bajo Marathon 2023 secara langsung telah mendorong perekonomian di Labuan Bajo, mulai dari kuliner lokal, kerajinan khas, wisata, hingga sektor akomodasi. 

Pasalnya, para peserta tidak hanya akan merasakan euforia lari di Labuan Bajo, tetapi juga dapat menikmati perjalanan pasca pertandingan dengan paket penginapan, perjalanan, dan wisata dengan paket bundling yang ditawarkan oleh penyelenggara.

Menjelang pelaksanaan IFG Labuan Bajo Marathon 2023, IFG telah menyelenggarakan rangkaian acara Road to IFG Labuan Bajo Marathon 2023 di beberapa kota yakni Surabaya, Bali, Mataram, Ruteng, dan Labuan Bajo. Di Jakarta, IFG Labuan Bajo Marathon 2023 dilaksanakan setiap Minggu pagi.

Selain itu, IFG dan anak-anak perusahaan juga melakukan berbagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (TJSL) di bidang ekonomi, sosial, lingkungan, dan Pendidikan. 

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara yang telah memilih dan menetapkan Labuan Bajo dalam agenda tahunan Tanah Air sebagai tempat pertandingan maraton.

”Event bertaraf internasional ini secara langsung menggerakkan perekonomian, terutama sektor pariwisata di Manggarai Barat. Kami dengan senang hati akan menyambut Anda, tidak hanya saat maraton kali ini, tetapi juga pada kesempatan lain. Manggarai Barat menawarkan berbagai destinasi wisata,” kata Endi.

Untuk memeriahkan IFG Labuan Bajo Marathon 2023, pada Sabtu malam, penyelenggara juga menyiapkan Festival Musik dengan bintang tamu Endank Soekamti dan Club Dangdut Racun.

Tentang Indonesia Financial Group (IFG)

Indonesia Financial Group (IFG) adalah Holding BUMN Asuransi, Penjaminan dan Investasi. 

IFG merupakan holding yang dibentuk pemerintah untuk berperan dalam pembangunan nasional melalui pengembangan industri keuangan non bank yang lengkap dan inovatif melalui layanan asuransi, penjaminan dan investasi. 

IFG berkomitmen menghadirkan perubahan di bidang keuangan khususnya asuransi, penjaminan dan investasi yang akuntabel, prudent dan transparan dengan tata kelola perusahaan yang baik dan penuh integritas. (SP/TR)

Editor: redaksi

RELATED NEWS