Ignasius, Seorang Tahanan di Lapas Kelas IIB Maumere, Tewas Gantung Diri

redaksi - Selasa, 07 Juni 2022 22:43
Ignasius, Seorang Tahanan di Lapas Kelas IIB Maumere, Tewas Gantung DiriSeorang kerabat merap di sisi peti jenazah Ignasius (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Seorang tahanan bernama Ignasius Ile Bin Stefanus Terong (26) di Lapas Kelas IIB Maumere gantung diri di kamar 6/Lansia Blok A.

 Korban pertama kali ditemukan oleh teman sekamarnya pada Selasa, -7 Juni 2022 pukul 14:55 WITA.

Kepala Lapas Kelas IIB Maumere Antonius  Samuki membenarkan adanya tahanan yang gantung diri di kamar 6/Lansia Blok A. 

“Kala itu akan dilaksanakan Pembinaan Rohani oleh Pastor dan Suster.  Peetugas regu pengamanan (rupam) mengontrol ke kamar Ignasius ( (sapaan korbaan), dan dia mengatakan akan datang belakangan.”

Kepala Lapas Kelas IIB Maumere Antonius  Samuki (Foto: Mardat)

“Setelah beberapa langkah petugas regu  pengamanan (rupam) melangkah ke kamar berikutnya tiba-tiba teman sekamarnya yang ingin ke kamar kecil melihat Ignasius sudah tergantung dengan posisi duduk.Karena takut teman sekamarnya langsung lari dan menyampaikan kejadian tersebut ke petugas."

"Petugas Lapas langsung manggambil tindakan dan membawah ignasius ke rumah sakit. Waktu keluar dari rumah tahanan, korban masih bernapas tapi dalam perjalanan ke rumah sakit dokter mengatakan Ignasius sudah tidak bernyawa lagi, "tutur Antonius.

Para kerabat, berdoa untuk Ignasius (Foto: Mardat).

Lebih lanjut kata Antonius, Ignasius selama 1 tahun lalu mengalami sakit.

"Ia sering mangeluh sakit kepala dan mengatakan ada orang yang ingin menikam atau membunuh dirinnya," terang Antonius.

Bahkan Antonius mengakui, dari keterangan teman sekamarnya, Ignasius sangat tertutup dan tidak pernah menceritakan permasalahannya kepada siapa-siapa.

Antonius mengatakan, Ignasisius diketahui memiliki perkara terkait tindak pindana persetubuhan anak di bawah umur.

"Dia berperkara dalam pasal 81 ayat (2) KHUP soal pencabulan anak dibbawah umur dan sisa pidananya tinggal 5 tahun 10 bulan 27 hari,"

Saat ini pihaknya telah melaporkan kejadiannya ke kepolisian Sikka untuk tindakan selanjutnya.

"Kepolisian Resort Sikka sudah menindaklanjutinya dengan tim inafis mengolah tempat kejadian perkara dan jasadnya sudah dievakuasi ke RSUD Tc.Hillers Maumere untuk ditindaklanjuti kembali," katanya. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS