IKIP Muhammadiyah Maumere Akan Alih Status Jadi Universitas

redaksi - Kamis, 21 September 2023 07:37
 IKIP Muhammadiyah Maumere Akan Alih Status Jadi Universitas Petinggi IKIP Muhammadiyah Maumere (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT,  beralih status menjadi universitas. 

Peralihan status tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor; 763/E/O/2023 tentang persetujuan perubahan bentuk Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere.

Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere, Erwin Prasetyo,S.T,M.Pd, didampingi Ketua Badan Pembina Harian (BPH) IKIP Muhammadiyah Maumere, H.Rodja Abdul Natsir, S.H, M.Pd, Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere, Erwin Prasetyo,S.T,M.Pd, Wakil Rektor I, Mohammad Fitri, S.E., M.Pd, dan Wakil Rektor II, Wahyuningsih, S.Si, M.Pd., dalam keterangannya Selasa (19/9/2023) mengaku, peralihan status ini adalah penantian panjang seluruh masyarakat.

“Lewat kesempatan ini kami bersyukur karena atas doa kita semua warga Sikka, Flores dan Lembata, kita bisa hadirkan Universitas Muhammadiyah Maumere. Terima kasih Pemkab Sikka untuk dukungan selama ini terhadap IKIP Muhammadiyah Maumere dan dukungan perubahan bentuk menjadi universitas,” ungkapnya.

Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere, Erwin Prasetyo,S.T,M.Pd, didampingi Ketua Badan Pembina Harian (BPH) IKIP Muhammadiyah Maumere, H.Rodja Abdul Natsir, S.H, M.Pd, Rektor IKIP Muhammadiyah Maumere, Erwin Prasetyo,S.T,M.Pd, Wakil Rektor I, Mohammad Fitri, S.E., M.Pd, dan Wakil Rektor II, Wahyuningsih, S.Si, M.Pd., dalam keterangannya Selasa (19/9/2023)

Penambahan 3 Prodi Baru

Dengan beralih status menjadi universitas kata Erwin, ada penambahan 3 program studi (prodi) baru, dari sebelumnya delapan Prodi menjadi 11 Prodi.

Kedelapan Prodi lama IKPI adalah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Program Sarjana, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris Program Sarjana,  Prodi Pendidikan Biologi Program Sarjana,  Prodi Pendidikan Ekonomi Program Sarjana, Prodi Pendidikan Fisika Program Sarjana, Prodi Pendidikan Kewarganegaraan Program Sarjana, Prodi Pendidikan Kimia Program Sarjana,  Prodi Pendidikan Matematika Program Sarjana.

Sedangkan tiga  Prodi baru yang akan dibuka adalah Prodi Administrasi Kesehatan Program Sarjana,  Prodi Informatika Program Sarjana, dan Prodi Bisnis Digital Program Sarjana.

 “Besar harapan kami masyarakat Kabupaten Sikka, Flores dan Lembata ini bisa hadir mengenyam pendidikan di Universitas Muhammadiyah Maumere,” ungkapnya.

Ia  menambahkan pihaknya akan melakukan launching perubahan status secara resmi dalam waktu dekat.

Ketua Badan Pembina Harian (BPH) IKIP Muhammadiyah Maumere, H.Rodja Abdul Natsir, S.H, M.Pd, mengatakan, dari lembaganya selalu mengikuti perkembangan dimana apa yang dibawa Rektor Erwin Prasetyo untuk maju ke depan, Badan Pembina Harian akan selalu mendukung.

“Kami selalu memberikan support, respon positif untuk hadirnya sesuatu yang baru termasuk universitas ini. Badan Pembina Harian tentunya memberikan rekomendasi sehingga hadirlah perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Maumere. Memang ini kita sudah cita-citakan lama,” tandasnya..

Dengan beralih statusnya IKIP Muhammadiyah Maumere menjadi Universitas Muhamadiyah Maumere maka total Universitas di kabupaten Sikka ada 2 Universitas yaitu Universitas Nusa Nipa dan Universitas Muhamadiyah Maumere. (Mardat). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS