'IKIP Muhammadiyah Maumere' Resmi Beralih Status Jadi 'Universitas Muhammadiyah Maumere'

redaksi - Rabu, 11 Oktober 2023 07:41
'IKIP Muhammadiyah Maumere' Resmi Beralih Status Jadi 'Universitas Muhammadiyah Maumere'Pimpinan Unimof bersama Penjabat Bupati Sikka berfoto bersama pada saat launching peralihan status Ikip jadi Unimof di Maumere, Selasa (10/10). (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT, resmi beralih status menjadi universitas Muhammadiyah Maumere (Unimof). 

Peralihan status tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor; 763/E/O/2023 tentang persetujuan perubahan bentuk Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Maumere, Selasa (10/10).

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV, Prof.Dr.Adrianus Amheka, ST.,M.Engg, Dalam sambutan menyampaikan selamat atas pencapaian dari IKIP Muhammadiyah Maumere menjadi Universitas Muhammadiyah Maumere (Unimof).

Lanjutnya, apapun yang kita lakukan saat ini salah satu tujuannya adalah meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada perguruan tinggi swasta. Bagaimana upayanya agar masyarakat secara berbondong-bondong menyekolahkan anaknya di perguruan tinggi swasta.

“Ini hal yang menjadi tanda tanya besar khususnya di lingkup Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Ia menambahkan, " Ini salah satu praktik baik dari Muhammadiyah yang perlu kita pelajari adalah terkait pola penyelenggaraan yang tersentralisasi dibawah bimbingan Perserikatan Muhammadiyah yang berpusat di Yogyakarta tetapi pengelolaannya lebih terdesentralisasi dan otonomi".

Dirinya mengapresiasi praktik baik dari Muhammadiyah ini dan menurutnya praktik baik ini perlu menjadi referensi untuk dipelajari termasuk bagi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV dalam pengelolaan perguruan tinggi yang baik untuk memaksimalkan kebutuhan perguruan tinggi dan kebutuhan masyarakat.

Dirinya berharap dengan perubahan bentuk ini, Universitas Muhammadiyah Maumere akan lebih baik dan lebih maju sehingga pelayanan pendidikan tinggi kepada masyarakat juga semakin bagus ke depan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sikka, Adrianus Firminus Parera mengatakan, pihaknya mengapresiasi kehadiran Universitas Muhammadiyah Maumere yang pada hari ini resmi dilaunching.

“Atas segala prestasi dan capaian yang sudah dipersembahkan, atas nama Pemkab Sikka dan masyarakat Kabupaten Sikka, kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih,” ungkapnya.

Ia menambahkan, launching hari ini perlu disyukuri sebagai suatu karya Tuhan, dimana adalah hasil dari kerja keras, kerja iklas, kerja tuntas dari civitas akademika Universitas Muhammadiyah Maumere. (Mardat). ***

RELATED NEWS