Ini Dia Tiga Jenis Makanan Tradisional Indonesia yang Bikin 'Lidah Bergetar'

redaksi - Sabtu, 30 September 2023 08:32
Ini Dia Tiga Jenis Makanan Tradisional Indonesia yang Bikin 'Lidah Bergetar'Gado-gado, salah satu jenis makanan tradisional Indonesia yang bisa bikin 'lidah penikmatnya, gergetar'. (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) - Siapa yang tidak suka makan? Selain bermanfaat untuk menghasilkan energi, makanan juga bermanfaat untuk mencegah tubuh lemas dan lelah. 

Selama makanan yang dikonsumsi mempunyai nilai gizi yang baik dan tidak berlebihan, maka makanan tersebut akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh.

Di Indonesia sendiri, Anda bisa menemukan makanan khas dari berbagai daerah dengan cita rasa yang enak karena makanan tradisional Indonesia terkenal dengan kekayaan rasa rempah dan bumbunya. 

Nah, kali ini Floresku.com akan menyajikan tiga jenis makanan tradisional khas Indonesia. 

Yang mana favoritmu? Simak informasi berikut ini!

Gado-Gado

Gado-gado merupakan makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Betawi dan cukup mendunia. Di beberapa restoran, Anda bisa menemukan Gado-Gado dengan nama “Salad Sayur Saus Kacang”. 

Ada yang mengatakan bahwa gado-gado berasal dari kata “digado” yang dalam bahasa Betawi berarti dimakan langsung tanpa nasi.

Umumnya, gado-gado disajikan dengan kue beras sebagai pengganti nasi. Namun, ada sebagian orang yang lebih memilih menyantap gado-gado dengan nasi sebagai pelengkap. 

Kalau sobat Floresku.com lebih suka pakai nasi atau lontong ya?

Ayam Rica-Rica (Sumber: Rinaresep.com)
Ayam Rica-Rica

Pernah dengar soal ‘Ayam Rica-rica’ 'kan? 

Makanan khas Manado ini terkenal dengan rasanya yang pedas. 

Kata rica berasal dari bahasa Manado yang berarti "pedas" atau "cabai".  Karena ‘Rica-Rica’ sendiri merupakan bumbu yang terbuat dari bawang merah putih, jahe, cabai merah, dan cabai rawit. 

Resep untuk membuat Ayam Rica-Rica sangat beragam, begitu pula cara memasaknya, persamaannya hanya terletak pada rasanya yang pedas.

Ayam Rica-Rica juga dimasak dengan beberapa daun aromatik agar lebih harum dan kuat rasanya.

Ciri khas dari ayam Rica-rica adalah rasanya yang pedas dan perpaduan beragam rempah. 

Wangi daun jeruk dan serai yang digunakan menambah sedap aroma ayam rica-rica. 

Selain ayam, bumbu rica-rica juga bisa dipadukan dengan bahan lain seperti daging sapi atau ikan.

Saat menyantap Ayam Rica-Rica, dijamin lidah Anda akan terus bergetar karena rasa pedasnya.

Sate Madura Flores d(Sumber: www.instagram.com/satecakmat_lb)
Sate

Sate adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu. 

Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate.

Di Indonesia banyak sekali jenis sate yang bisa ditemukan, mulai dari Sate Padang, Sate Madura, Sate Klatak, Sate Lilit, dan lain sebagainya. 

Pada umumnya masyarakat lebih mengenal Sate Madura berupa daging yang dipotong kecil-kecil, diberi bumbu, dan dibakar. Sebagai pelengkap, satenya ditaburi saus kacang atau kecap.

Selamat menikmati, dan rasakan sendiri sensasinya! * (Sil -dari berbagai sumber). ***

 

RELATED NEWS