Jangan Lupa! Hari Ini adalah Hari Perempuan Internasional

redaksi - Jumat, 08 Maret 2024 11:08
Jangan Lupa! Hari Ini adalah Hari Perempuan Internasional8 Maret, Hari Perempuan Internasional (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) - Hari ini, Jumat, 8 Maret, diperingati sebagai International Women's Day (IWD) atau Hari perempuan Internasional. 

Hari Perempuan Internasional diadakan dengan maksud utama untuk  mendukung aksi melawan ketidaksetaraan gender di seluruh dunia.

Adapun tujuan memperingati hari perempuan internasional, untuk merayakan pencapaian perempuan di segala bidang seperti sosial, ekonomi, budaya, dan politik. 

Di samping itu, sebagai pertanda terkait seruan dan mengambil tindakan mempercepat kesetaraan gender.

Dilansir dari beberapa sumber, Peringatan yang ditujukan bagi kaum perempuan di seluruh dunia ini pertama kali diadakan pada bulan Maret tahun 1911. 

Sebelumnya, pada tahun 1908 sempat terjadi kerusuhan dan perdebatan kritis di kalangan perempuan, hal ini disebabkan karena terjadinya penindasan dan ketidaksetaraan di kalangan perempuan.

Dari kejadian tersebut, akhirnya perempuan berusaha untuk menjadi lebih vokal dan lebih aktif dalam pergerakan. Pergerakan itu pun terus berlanjut pada tahun-tahun berikutnya.

Hingga di tahun 1911, tepatnya di Kopenhagen, Denmark, terjadi persetujuan bulat untuk mendirikan Hari Perempuan Internasional. 

Negara Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss, menjadi negara pertama yang menjalankan peringatan internasional pada 19 Maret. 

Pada tahun berikutnya, Rusia menyusul untuk merayakan peringatan hari perempuan internasional pada tanggal 23 Februari.

Setiap tahunnya, peringatan Hari Perempuan Internasional mengambil tema yang berbeda. Dilansir dari dari situs internationalwomensday.com, tema kampanye Hari Perempuan Internasional 2024 adalah “Inspire Inclusion”.

Sementara itu, tema PBB untuk perayaan Hari Perempuan Internasional kali ini adalah “Invest in women: Accelerate progress” yang bertujuan untuk menyoroti minimnya investasi dana untuk upaya-upaya kesetaraan gender.

Dengan demikian, ada beberapa makna perayaan Hari Perempuan Internasional antara lain untuk merayakan pencapaian wanita, Mendidik dan meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan perempuan, merupakan Seruan untuk perubahan positif memajukan perempuan, Melobi untuk mempercepat kesetaraan gender dan Penggalangan dana untuk badan amal yang berfokus pada wanita.

Selamat Hari Perempuan Internasional untuk seluruh Perempuan di seluruh dunia!

RELATED NEWS