Jelang HUT ke-77 TNI, Kodim 1603 Sikka Tanam 1000 Pohon di Mata Air Batik Wair, Dusun Tada, Lela

redaksi - Kamis, 22 September 2022 14:53
 Jelang HUT ke-77 TNI, Kodim 1603 Sikka Tanam 1000 Pohon di Mata Air Batik Wair, Dusun Tada, LelaAksi penghijauan oleh Kodim 1603 Sikka bersama PT Pelindo di kawasana mata air Bati Wair, Lela, Kamis, 22 September 2022. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -Tentara Nasional Indonesia (TNI)  dari Kodim 1603 Sikka melaksanakan kegiatan penanaman 1000 pohon di lokasi mata air Batik Wair Dusun Tada, Desa Lela, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, pada Kamis, 22 September 2022.

Kegiatan penghijauan tersebut diadakan dalam rangka memperingati   Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 77 TNI ke-77 yang jatuh pada tanggal 5 Oktober 2022.

Berkenaan dengan itu  Kodim 1630 Sikka bekerja sama dengan PT. Pelindo bersatu (Persero) Maumere, melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).  

Jumlah pohon yang ditanam  terdiri atas 750 anakan Bambu, 150 pohon Trembesi, dan 100 pohon Mahoni.

Kepada media ini, Dandim 1603 Sikka Letkol Inf Muhammad Jafar melalui Plh. Kasdim 1603/Sikka Kapten Inf Ida Bagus Wiryawan mengungkapkan, " Dalam rangka ulang tahun ke-77 TNI  Tahun 2022,   Kodim 1603 Sikka bekerja sama dengan Pelindo melaksanakan penghijauan di sekitar mata air Batik Wair.

“Kami dari Kodim 1603 Sikka berharap bahwa kegiatan ini dapat berguna bagi anak cucu kita pada masa datang,” ujarn Kapten Inf Ida Bagus Wiryawan.

“Mari kita sama-sama merawat pohon ini karena banyak sekali manfaat yang akan dirasakan, antara lain agar tetap terjaganya sumber air bersih di sekitarnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama General Manager PT Pelindo Erry Ardiyanto kepada media ini juga menjelaskan “Perlu di ketahui kami hadir disini bersama Kodim 1603 Sikka melaksanakan penanaman pohon ini supaya bermanfaat bagi masyarat yang tinggal disini.”

“Ibarat gajah mati meninggalkan gadingnya, manusia mati meninggalkan kebaikan. Satu pohon yang kita tanam akan sangat berguna untuk anak cucu kita nantinya,” ucapnya.

UPT KPH Herry Siswadi juga mengungkapkan “karena kondisi lingkungan hidup kita sudah mengalahi kerusakan banyak sekali faktor yang mempengaruhi kerusakan alam baik dari alam maupun dari manusia sendiri.”

"Saya berterimakasih kepada kodim 1603/Sikka dan PT. Pelindo yang sudah melaksanakan kegiatan ini, karena ini salah satu upaya kita untuk melestarikan lingkungan.

“Harapan saya semoga bapak dan mama yang ada di sini bisa merawat dan menjaga apa yang telah kita lakukan hari ini,” ujar UPT KPH Kab. Sikka, B. Herry Siswadi, S. Hut.

Sementara itu,   Camat Lela Don Bosco Da Lopes, SE.  menyampaikan  terimkasih kepada Kodim 1603/Sikka dan PT  Pelindo atas terselenggaranya kegiatan.

“Kepedulian Anda semua untuk melestarikan hutan yang ada khususnya di Dusun Tada, Desa Lela adalah berkat bagi kami warga Kecamatan Lela,” ungkapnya.

“Saya berserta masyarakat di sini mohon maaf bila ada kekurangan dalam penyambutan bapak2 disini karena dengan keterbasan yang ada.  Atas nama  masyarakat di sini, saya  mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1603/Sikka yang telah banyak membantu warga dengan dibangunnya Pompa Hidram. Ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan bersih," ujarnya.

Usai acara pembukaan, langsung diadakan aksi penanaman pohon bersama di sekitar mata air Batik Wair. 

Tampak masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. penghijauan tersebut. 

Batik Wair adalah salah satu mata air di Kab Sikka yang mendapat bantuan pembangunan Pompa Hidran dari  Panglima Kodam IX/Udayana Tahun 2022.  

Dengan adanya pompa hidran tersebut  masyarakat dimudahkan dalam mengakses air bersih  untuk baik kebutuhan keluarga maupun untuk pertanian masyarakat.  

Kegiatan pembinaan lingkungan hidup bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan menjaga ketersediaan sumber air di wilayah Kabupaten Sikka, khususnya di Dusun Tada, Desa Lela Kabupaten Sikka. (Mardat). ***

RELATED NEWS