Jelang Lebaran, Arus Mudik Lebaran 2004 di Pelabuhan Lorens Say Maumere Masih Normal

redaksi - Senin, 08 April 2024 11:08
Jelang Lebaran, Arus Mudik Lebaran 2004 di Pelabuhan Lorens Say Maumere Masih NormalKesibukan di Pelabuhan Lorens Say jelang Lebaran 2024 (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) -  Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, arus mudik dengan menggunakan transportasi laut di Kabupaten Sikka belum ada lonjakan penumpang sejauh ini, khususnya di Pelabuhan Lorens Say Maumere. 

Kepala Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Maumere Daulat Apul Gervasius mengatakan, kondisi itu terjadi lantaran banyak penumpang sudah lebih dulu mudik di akhir bulan Februari 2024 lalu.

“Jika melihat dari itensitasnya masih normal-normal saja, bahkan di bawah dari hari-hari biasa, sebab kemungkinan besar para pemudik itu sudah mencuri start alias mudik lebih awal," kata Apul.ASF Kembali Mewabah, Pemkab Nagekeo Larang Warga Jual Babi

Meskipun begitu, lanjut Apul, Pelni Cabang Maumere tetap menyiagakan sejumlah armada guna mengantisipasi lonjakan penumpang di saat Lebaran 2024.

Kepala Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Maumere Daulat Apul Gervasius  (Foto: Madrat).

 PT.Pelni Cabang Maumere Buku Posko

Kepala Cabang PT Pelni Maumere Daulat Apul Gervasius mengatakan untuk mendkung kesibukan di Pelabuhan Lorens Say, Maumere  PT. Pelni Cabang Maumere akan membuka Posko mulai pada tanggal 28 Maret Sampai 26 April 2024.

Selain itu, dia menambahkan, untuk kesiapan angkutan Lebaran tahun ini PT. PELNI Cabang Maumere menyiapkan 4 Armada pelayaran 3 diantaranya type 2000 dan 1 type 1000.

Adapun 4 armada pelayaran yang beroperasi di Maumere yakni KM. Lambelu,  KM.Siguntang. KM. Umsini dan KM. Sirimau, disamping itu ada 1 kapal Perintis yaitu Sabuk 85

Lebih lanjut Apul menjelaskan "Penyesuaian jadwal masih normal-normal saja untuk 4 Armada penumpang”Jelasnya

Demi menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang selama perjalanan akan dibarengi dengan jumlah alat-alat keselamatan yang berada di atas kapal.

"Hal ini menjadikan aspek keselamatan merupakan hal yang paling penting agar tercipta zero accident pada pelayanan Lebaran ini," ucapnya.

Harga tiket dan cara membeli tiket kapal

Jelang Lebaran PT. Pelni tidak menaikan harga tiket jadi harga tetap seperti hari hari biasa  PT. Pelni menghimbau kepada para penumpang kapal pelni untuk membeli tiket kapal secara on line.

Hal teknis pembelian tiketnya sudah kami sosialisasikan berulang kali supaya membelinya melalui Pelni Mobile atau call center 162 atau ke Tiga agen yang sudah terdaftar di maumere.

" Sudah banyak yang paham dan melakukan membelian tiket melalui pelni mobile tetapi tidak sedikit juga yang belum paham menggunakan Pelni mobile dan datang membeli lngsung ke loket Pelni" ujar Apul.

Lebih lanjut Apul mengatakan" Pihak dari PT.  Pelni Cabang Maumere hingga saat ini tetap memberi arahan kepada masyarakat untuk membeli secara on line dengan cara mendowload Aplikasi Pelni Mobile di Aplikasi Playstore dan mengikuti petunjuk yang ada didalam aplikasi tersebut.

Karena di dalam aplikasi pelni mobile sudah ada keterangan harga kapal, rute nya kemana dan berangkatnya kapan sudah ada di aplikasi Pelni mobile tanpa harus mengantri didepan loket pelni lagi, dan untuk pembayarannya sangat mudah bisa via transfer melalui atm, alfamart dan indomart.

“Kita selalu kasiharahan ke masyarakat untuk membeli tiket secara on line karena kedepanya Loket Pelni akan di tutup seperti yang sudah dilakukan di Pelni jakarta, Surabaya dan Makasar,” tutup Apul. (Mardat). ***

RELATED NEWS