Josua K. Loa (NTT) dan Uli Ayu Helanasia (Jatim) Jadi Juara Ajang Pemilihan Putera-Puteri Tari Indonesia 2021

redaksi - Minggu, 13 Juni 2021 18:42
Josua K. Loa (NTT) dan Uli Ayu Helanasia (Jatim)  Jadi Juara Ajang Pemilihan Putera-Puteri Tari Indonesia 2021Josua Karisma Loa dari NTT 1 dan Uli Ayu Helanasia dari Jawa Timur, dinobatkan menjadi Putera-Puteri Tari Indonesia 2021 (sumber: Ilse Gobang)

MAUMERE (Flores.com) - Malam Penganugerahan Pemilihan Putera-Puteri Tari Indonesia, digelar di Gedung Sikka Convention Center (SCC), Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT,) Sabtu, 12 Juni 2021.

Tercata 52 peserta dari 25 provinsi di Indonesia turut ambil bagian dalam acara tersebut. Selaku tuan rumah Provinsi NTT mengirim dua  penari putera dan dua penari puteri untuk konteks tari kali ini.  Penari yang mewakili Provinsi NTT berasal dari Kabupaten Timor Tengah Selata (TTS).    

Finalis Putera dan Puteri Tari asal NTT (Foto: Istimewa.)

Ketika menyampaikan kata sambutan, Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo yang akrab disapa Bupati Robby  pertama-tama mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian yang telah memberikan ijin berlangsungnya acara tersebut di situasi covid19. 

Bupati  Robby kemudian mengharapkan agar panitia, semua pesera dan undangan tetap menjaga protokol kesehatan. 

Selanjutnya Bupati  Robby mengatakan rasa syukur dan bangga karean Kabuaten Sikka dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Penganugerahan Pemilihan Putra Putri Tari Indonesia Tahun 2021. 

“Saya berharap  agar pada kesempatan yang akan datang putra putri dari Kabupaten Sikka bisa ikut s ikut serta dalam ajang Pemilihan Putra Putri Tari Indonesia .   Ajang ini memberikan pendidikan  baik, karena mempertontonkan kualitas, seni tari yang adalah bagian dari kebudayaan Indonesia. Jangan sampai warisan budaya tari  pudar. Kita harus tetap melestarikannya walaupun ada pandemi Covid19 ,” kata Bupati Robby.    

Sementara itu Josua Loa wakil Putra Tari dari NTT, mengatakan tarian adalah cerita dan perasaan hati yang dituangkan dalam bentuk gerak. Indonesia, kata Josua, terdapat beragam kebudayaan salah satunya tarian tradisional. 

“Saya sebagai putra NTT ingin mengajak seluruh warga Indonesia, khususnya warga NTT  untuk mencintai seni tari tradisional dengan syarat menumbuhkan rasa cinta dan memiliki dengan mempromosikan lewat media sosial dan platform yang dimiliki. Sehingga seni tari tradisional Indonesia tidak di klaim oleh negara asing dan menjadi warisan budaya kepada anak cucu kita kelak,” demikian kata Josua. 

Momen pengumuman juara Puteri Tari indonesia 2021 (Foto: Ilse Gobang)

Putera  Tari NTT dan Puteri Tari  Jatim jadi juara

Dalam babak final ajang Tari Indonesia 2021 tersebut, Josua Karisma Loa, yang merupakan perwakilan Provinsi NTT 1 dan Uli Ayu Helanasia dari Provinsi Jawa Timur, akhirnya dinobatkan menjadi Putera-Puteri Tari Indonesia 2021.

Renaldi Sanubari sebagai Putera Tari Indonesia 2020, memberikan keris kepada Josua Karisma Loa sebagai Putera Tari Indonesia 2021.

Prosesi penyerahan agugera kepada para juara (Foto>istimewa)

Ditemui usai dinobatkan menjadi Putera-Puteri Tari Indonesia 2021, Josua Karisma Loa menuturkan, dirinya tak menyangka jikalau bisa dipilih dan dinobatkan menjadi Putera Tari Indonesia.

"Saya tidak menyangka, bisa mendapatkan juara seperti ini," ucapnya penuh haru.

Josua mengatakan, kedepannya dirinya juga ingin memberikan memotivasi kepada kawula muda untuk tetap mencintai kebudayaan, terkhususnya seni tari yang ada di Indonesia ini.

Uli Ayu Helanasia juga mengungkapkan hal senada. Dirinya juga tak menyangka jikalau akan dinobatkan menjadi Puteri Tari Indonesia.

"Saya nggak menyangka, kalau saya dinobatkan menjadi Puteri Tari Indonesia. Sangat bangga dan semoga saya bisa menjalankan amanah yang telah diberikan ini," tuturnya dengan senyuman.

"Semoga apa yang telah diberikan olehThe Queen Mother Management selama ini, bisa saya jalankan dengan tulus hati, bisa terus menari dan terus berinspirasi," harapnya.

Meski dilaksanakan dengan prototok Kesehatan yang ketet, Pergelaran Malam Penganugerahan Pemilihan Putera-Puteri Tari Indonesia 2021 tersebut pun, berlangsung sangat semarak. (Ilse Gobang)

RELATED NEWS