Kadis Kesehatan Kota Kupang: Penutupan Sementara Lab Biokesmas karena Ketuanya Tak Berkompeten

redaksi - Rabu, 25 Agustus 2021 22:45
Kadis Kesehatan Kota Kupang: Penutupan  Sementara Lab Biokesmas  karena Ketuanya Tak BerkompetenKepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati (sumber: Istimewa)

KUPANG (Floresku.com) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang memberi alasan penutupan sementara Laboratorium Biokesmas Provinsi NTT karena pengolanya tidak memiliki kompetensi. 

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinkes Kota Kupang, drg. Retnowati seperti dikutip dari Rakyatntt.com, Rabu (25/8/2021).  

Alasan penutupan, jelasnya, Dinkes Kota Kupang adalah lembaga pemerintah yang menjalankan fungsi pengawasan. 

Menurut Retnowati, di Laboratorium Biokesmas tidak memenuhi syarat sesuai Keputusan Menteri Kesehatan, antara lain yang bertanggungjawab ternyata bukan seorang dokter spesialis klinis, melainkan seorang doktor yang tidak memiliki lisensi dari Kemenkes RI. 

Lebih lanjut dia menegaskan, pihak yang bertanggungjawab di Lab Biokesmas itu ternyata bukan tenaga teknis yang kompeten, bukan dokter.

 "Biomolekuler klinik itu harus dipimpin oleh dokter, bukan doktor," ujarnya.

Pernyayaan Kadis Kesehatan Kota Kupang itu sekaligus membantah pernyataan Ketua Tim Lab Niokesmas Faimarinat Inabuy sebelumnya yang mengatakan bahwa laboratorium itu sudah mengikuti semua persyaratan.

Kepala Seksi Registrasi Dinkes Kota Kupang, Dewy Masse juga menegaskan bahwa dalam Peraturan Kesehatan Nomor 13 Poin b, mengatur tentang syarat Laboratorium Pemeriksaan Virus Cobid-19 yakni Penangungjawab atau Ketua/Kepala Laboratorium haruslah seorang dokter speiasialis patologis klinis, mikrobiologi klinis atau dokter umum dan sudah terlatih. (MAR)

BACA: https://floresku.com/read/demi-kepentingan-orang-banyak-fraksi-pkb-dpr-ri-desak-kemenkes-segera-selesaikan-kisruh-di-lab-biokesmas-ntt

BACA JUGA: https://floresku.com/read/ketua-tim-lab-biokesmas-ntt-fainmarinat-s-inabuy-halangi-kerja-lab-adalah-pelanggaran-hukum-berat

Editor: Redaksi

RELATED NEWS