Kadis PPO Matim Dorong Peningkatan SDM Kepsek Tingkat SD

MAR - Rabu, 08 Juni 2022 13:42
Kadis PPO Matim Dorong Peningkatan SDM Kepsek Tingkat SDSosialisasi Kurikulum bagi para kespek di Manggarai Timur (sumber: Filmon Hasrin)

BORONG (Floresku.com)  - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) menggelar 'Sosialisasi Kurikulum Merdeka Tingkat Kelompok Kerja Kepala Sekolah Jenjang SD Kecamatan Kota Komba  Kabupaten Manggarai Timur 2022' yang berlangsung di aula Renedaem, Waerana, Kelurahan Rongga koe, Kecamatanan Komba Selatan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas (Kadis) PPO Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto mengatakan Kepala Sekolah (Kepsek) menjadi peran kunci dalam memajukan pendidikan di sekolah. 

Dalam kebijakan Merdeka Belajar, Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran, Kepala Sekolah perlu meningkatkan kompetensinya baik secara individual maupun melalui komunitas Kepala Sekolah.

"MKKS merupakan wadah yang dapat dimanfaatkan para Kepala Sekolah untuk meningkatkan kompetensi individualnya," ungkapnya,  Selasa, (7/06/2022).

Lebih lanjut Basilius, untuk mewujudkan Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajar, Dinas PPO mendorong para Kepala Sekolah untuk mengikuti pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepala Sekolah melalui Program Sekolah Penggerak.

Selain peningkatan SDM menurut dia, penyediaan infrastruktur dan sarana pendukung di antaranya, ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, perangkat informasi dan teknologi juga sangat penting.

"Untuk merealisasikan hal tersebut, Dinas PPO akan mendorong satuan pendidikan untuk melakukan penginputan data-data sarana dan prasarana pendidikan di Dapodik secara tepat sebagai basis data bagi Pemerintah Pusat untuk mengalokasikan Dana Alokasi Khusus fisik untuk satuan pendidikan," pungkasnya. (Filmon Hasrin).

Editor: MAR

RELATED NEWS