LKTD Imaper Kupang Usung Tema 'Membangun Etika Kepemimpinan Guna Tercapainya Pemimpin yang Efektif di Masa Depan'

redaksi - Senin, 30 Mei 2022 14:29
LKTD Imaper Kupang Usung Tema 'Membangun Etika Kepemimpinan Guna Tercapainya Pemimpin yang Efektif di Masa Depan'Ikatan Mahasiswa Pelajar Reok (Imaper), Manggarai di Kupang menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD), sejak Jumat (27/05) hingga Sabtu (28/05) lalu. (sumber: Ecak Dais)

KUPANG (Floresku.com)-Ikatan Mahasiswa Pelajar Reok (Imaper), Manggarai di Kupang menyelenggarakan Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD), sejak Jumat (27/05) hingga Sabtu (28/05) lalu.

Kegiatan bertema 'Membangun Etika Kepemimpinan Guna Tercapainya Pemimpin yang Efektif di Masa Depan' tersebut berlangsung di Gedung Hanggar Pol Udara, Lanudal Penfui, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Ketua Panitia, Yultiana Mimik dalam sambutannya mengatakan peran kaum muda dalam proses pembangunan bangsa saat ini perlu dipupuk dengan semangat idealisme yang tinggi agar terciptanya pemimpin-pemimpin yang berkualitas.

Untuk menciptakan dan menghadirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas itu menurut dia, Imaper Kupang melakukan berbagai macam kegiatan pembinaan dan pengkaderan untuk membentuk, mengasah, moral, dan karakter dari para calon pemimpin ini. Salah satu kegiatan yang dicanangkan adalah kegiatan LKTD.

"Semoga kegiatan LKTD yang dirancang Badan Pengurus dan dilaksanakan panitia Pelaksana memiliki Output bagi keberlansungan hidup menjadi orang muda dari kita semua, terutama bagi pesrta dalam kegiatan LKTD ini agar apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini bisa tercapai dengan baik," harap Yultiana.

Terpisah, Ketua Umum Imaper Kupang, Gregorius Hariyanto dalam sambutannya mengatakan LKTD ini merupakan proses pembinaan yang dilakukan secara berjenjang dalam organisasi Imaper Kupang.

Menurut dia, jika berbicara tentang kepemimpinan berarti berbicara bagaimana seseorang dibentuk untuk kemudian dapat memenangkan hati banyak orang.

"Jika ingin menjadi pemimpin yang ideal hal yang paling utama yang harus dimiliki pemimpin itu adalah memiliki moral dan etika yang baik karena hal ini sangat menekan tindakan dan perilaku dari pemimpin itu sendiri," tegasnya.

Lebih jauh Gregorius, pemimpin di era milenial ini harus memiliki kemampuan mengelola digital dan berinisiatif mengembangkan teknologi menjadi bernilai.

Menurutnya, memimpin banyak orang itu sejatinya sangat sederhana jika mampu memimpin diri sendiri karena memimpin banyak orang sama halnya memimpin diri sendiri dengan banyak keinginan.

Sementara itu Dewan Pembina Imaper Kupang, Siprianus Jun mengatakan menjadi seorang pemimpin mesti harus memiliki jiwa kepemimpinan. Karena, seorang pemimpin mesti bisa menjadi roll model bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar.

Ia juga mengatakan, dalam menghadirkan seorang pemimpin yang baik harus dibentuk dan diasah jiwa kepemimpinannya karena dibalik kepemimpinan yang baik pasti ada pemimpin yang memiliki etika, moral karakter, dan perilaku yang baik pula.

"LKTD ini merupakan salah satu yang dilakukan Imaper Kupang dalam menciptakan kepemimpinan dan pemimpin yang baik," ungkap Siprianus.

Untuk diketahui, LKTD merupakan salah satu program kerja Badan Pengurus Imaper Kupang periode 2021-2022 di bawah naungan Bidang Pengembangan Organisasi.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 36 anggota Imaper. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari LKTD ini yaitu untuk mengasah dan membangun jiwa kepemimpinan kader-kader muda Imaper agar mampu berkontribusi dalam menghadirkan pemimpin-pemimpin muda yang berkualitas di masa akan datang. (Filmon Hasrin).

RELATED NEWS