Keindahan Menawan Bawah Laut di Manta Point Takka Makasar, Labuan Bajo

redaksi - Senin, 14 November 2022 17:13
Keindahan Menawan Bawah Laut di Manta Point Takka Makasar, Labuan BajoIkan Manta (Pari) di Manta Point, Takka Makasar, Labuan Bajo. (sumber: www.ticmpu.id)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Ada satu titik kawasan dimana banyak berkumpul ikan Manta atau Pari di area lautan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo. Letaknya tak.jauh dari Pulau Pasir Takka Makassar. 

Jika Anda termasuk salah satu pecinta aktivitas snorkeling atau menyelam, pastikan Manta Point  Takka Makasar menjadi destinasi yang Anda wajib dikunjungi saat berkunjung ke Labuan Bajo. 

Manta Point Takka Makasar, Labuan Bajo (Sumber: www.labuanbajoflores.id).

Saat menyelam di Manta Point, Anda bisa menikmati berbagai kekayaan ekosistem laut yang eksotis dan mempesona, dan yang paling penting Anda bisa berkesempatan bertemu dengan Manta Ray, salah satu satwa air yang langka dan dilindungi khas Indonesia.

Uniknya, di mana ada Manta, di situ ada Ubur-Ubur. Hal ini dikarenakan ubur-ubur merupakan makanan utama dari ikan Manta. 

Artinya, ketika  Anda berjumpa segerombolan Manta sedang berkumpul, Anda juga dapat menyaksikan segerombolan Ubur-Ubur yang siap disantap para Manta. Sungguh pengalaman yang menarik bukan?

Karena pemandangan bawah laut yang sangat menawan, penting untuk Anda membawa kamera anti air sehingga Anda bisa bebas mengabadikan momen bawah laut bersama ikan Manta dan ikan lainnya. 

Bagi Anda yang ingin berkunjung, tidak perlu khawatir karena semua perlengkapan snorkeling mulai dari masker, fin, pelampung, sampai tabung gas telah disediakan oleh pengelola wisata. Anda bisa bertanya langsung di lokasi terkait biaya sewa dan kebutuhan lainnya..

Daya Tarik Manta Point, Takka Makasar, Labuan Bajo

Manta Point Labuan Bajo merupakan salah satu tempat wisata yang menyediakan pemandagan alam yang menarik berupa ikan manta yang sangat menyejukkan mata. Selain itu, di tempat ini juga terdapat spot-spot menarik untuk fotografi. Anda bisa mengabadikan setiap moment menarik ini dan menjadikan hari berlibur terasa lengkap bersama sekumpulan ikan Manta dan juga pemandangan di bawah lautnya.

1. Manta sighting spot

Lokasi wisata Manta Point Labuan Bajo ini sudah dikenal sebagai tempat yang paling cocok untuk menyaksikan keindahan Manta Ray secara langsung. 

Ikan parai khas Indonesia bagian Timur ini memang banyak menarik minat para wisatawan. Karena keeksotisannya tersebut banyak pengunjung yang tersentuh dan ingin membelai dengan tangan mereka secara langsung.

Aneka jenis ikan Manta (Pari) di Manta Point Takka Makasar, Labuan Bajo. (sumber: www.ticmpu.id)

Bagi para pengunjung yang memiliki keberanian tinggi, dapat memberi makan secara langsung pada manta-manta yang terdapat disana. Ukuran manta yang ada di lokasi wisata ini cukup panjang mencapai 3 m.

2. Koloni ubur-ubur

Dimana terdapat manta maka disitu pasti akan ada ubur-ubur. Hal ini merupakan ungkapan yang sudah jelas karena para ubur-ubur adalah makanan utama dari ikan manta. Saat berburu makanan, para ikan manta melakukannya secara berkoloni. Saat pengunjung menyaksikan segerombolan manta mengerubung maka pada saat itulah mereka menemukan koloni ubur-ubur dan siap untuk disantap.

Keindahan bawah laut  di Manta Point Takka Makasar, Labuan Bajo. (sumber: www.ticmpu.id)

3. Pemandangan bawah laut

Di lokasi Manta Point Labuan Bajo ini, para pengunjung tidak hanya disuguhi dengan keindahan ikan manta saja namun banyak sekali kekayaan bahari dengan terumbu karang yang begitu menakjubkan. 

Sebagaimana yang kita ketahui saat ini terumbu karang sudah jarang ditemukan dan ekosistemnya semakin menurun akibat instalasi dan pengeboman liar.

Namun saat anda berada di lokasi wisata ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan yang masih sangat alami. Pengunjung juga bisa membawa kamera air untuk mengabadikan moment di dalam laut yang jarang ditemui saat kita berwisata di tempat lain.

4. Diving dan snorkeling

Water sport yang cukup ekstrim ini memang banyak dicari oleh mereka para pecinta adrenalin yang ingin bermain air bersama para manta serta ekosistem air yang lain. 

Diving dan snorkeling merupakan asalan mengapa tempat wisata Manta Point Labuan Bajo ini ramai dikunjungi para wisatawan yang tidak hanya sekedar ingin melihat ikan manta.

Pengelola tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas peralatan lengkap yang bisa disewa seperti fin, masker, tabung gas, pelampung dan juga pakaian renang atau pakaian menyelam. 

Hal yang harus diwaspadai saat ingin bermain di dalam lokasi wisata ini adalah kesiapan mental dan juga fisik serta sarana prasarana yang memadai. 

Hal ini karena ombak di Manta Point Labuan Bajo cukup besar dan dikhawatirkan membingungkan para pemula. Untuk lebih amannya lagi anda bisa memakai pelampung darurat dan juga didampingi oleh mereka yang sudah profesional.

5. Bertemu dengan komodo

Menghabiskan waktu berlibur di wisata Manta Point Labuan Bajo memang akan mendapatkan banyak bonus. Bukan hanya dapat menyaksikan keindahan ikan manta yang memukau namun disini kita juga disuguhi dengan penampakan kadal raksasa.

 Komodo dengan air liur mematikan ini hanya bisa dilihat di kawasan Pulau Komodo saja. Oleh karena itu bisa melihat hewan langka ini dilokasi wisata Manta Point Labuan Bajo bagaikan pepatah sambil menyelam minum air. (Sumber: BPOLBF dan Tourism Center Information). 

Editor: redaksi

RELATED NEWS