Kelompok Pemberdayaan Hortikultura Desa Terong, Manggarai Panen Puluhan Kilogram Lombok

redaksi - Rabu, 14 Desember 2022 22:08
Kelompok Pemberdayaan Hortikultura Desa Terong, Manggarai Panen Puluhan Kilogram LombokKelompok Pemberdayaan Hortikultura Desa Terong, Manggarai sedang memanen lombok. (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Salah satu kelompok program pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian yang bernaung di bawah pemerintah Desa Terong, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai panen puluhan kilogram lombok.

Diketahui, program ini dijalankan sebagai bentuk suport pemerintah desa (Pemdes) Terong terhadap masyarakat yang bergerak di bidang pemberdayaan, khususnya dalam bidang pertanian. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga masyarakat.

Kepala Desa Terong, Oris Atong kepada jurnalis media ini, pada Rabu 14 Desember 2022 menjelaskan bahwa, program ini merupakan hasil kolaborasi pemahaman antara masyarakat dan pemerintah desa (Pemdes) dengan melihat skala kebutuhan dan peluang yang cocok dikembangkan di wilayah Desa Terong.

Selain itu, lanjutnya, program ini juga menjadi salah satu program prioritas di tahun anggaran 2022 dalam bidang ketahanan pangan dengan tujuan memulihkan ekonomi masyarakat yang selama ini dilanda Covid-19.

"Salah satu program alternatif yang diambil Pemdes Terong bersama masyarakat adalah budidaya tanaman hortikultura. Program ini didasari oleh adanya potensi yang dimiliki oleh Desa Terong," jelas Kades Oris Atong

Kades Oris menambahkan, program ini dikawal langsung oleh pemerintah desa dari pembentukan kelompok sampai pemasaran hasil budidaya kelompok.

"Pemdes berkomitmen untuk terus mendukung program ini melalui pemberian bibit dan juga obat-obatan yang dibutuhkan oleh kelompok yang sudah ada," pungkasnya. (Jivansi). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS