KM Sirimau Kandas di Teluk Ile Ape, Babinpotmar Lanal Maumere Tenangkan Penumpangnya

redaksi - Rabu, 18 Mei 2022 22:11
KM Sirimau Kandas di Teluk Ile Ape, Babinpotmar Lanal Maumere Tenangkan PenumpangnyaBabinpotmar Lanal Maumere yang bertugas di Posal Lembata sedang menuju KM Sirimau yang karam di perairan Ile Ape, Lembata untuk menenangkan para penumpang. (sumber: Humas Babinpotmar Lanal Maumere )

MAUMERE (Floresku.com) -  Semenjak kandasnya KM. Sirimau di perairan Ile Ape pada hari Rabu siang (17/5) sekitar pukul 14. 00 Wita, Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lanal Maumere yang bertugas di Posal Lembata, mengambil inisiatif cepat yaitu melaporkan kepada Kakansar Maumere, tentang adanya peristiwa kapal kandas KM. Sirimau.

Langkah sigap dan info dari Serda Bah Damianus Luka Hera untuk melaporkan kejadian tersebut ditindak lanjuti dengan dikirimnya KM. Ganda Nusantara-14 oleh PT. Pelni Maumere dan tiba di lokasi sekitar pukul 20.00 Wita di tempat kejadian. 

Upaya menarik KM. Sirimau pun dilakukan oleh aparat gabungan dari TNI AL, Basarnas, PT. Pelni, Polres dan Kodim setempat dengan pertimbangan air pasang. 

Namun sampai dengan berita ini diturunkan belum ada informasi lebih lanjut tentang keberhasilan upaya penarikan kapal.

Menariknya, salah satu personel Angkatan Laut yang berdinas di Posal Lembata yaitu Serda Bah Damianus Luka Hera yang naik di atas kapal membantu menenangkan para penumpang KM. Sirimau.

Kepada para penumpang dia menginformasikan bahwa seluruh aparat siap membantu dan terus memonitor kondisi kapal saat ini dan akan siap sedia mengantisipasi dan membantu para penumpang apapun yang terjadi.

"Semoga upaya menarik kapal dan membebasakan kapal dari kedangkalan di sini segera dapat terwujud, " ungkap Serda Luka Hera.

Pangkalan TNI AL Maumere dalam musibah ini mengirimkan Speed Patkamla Searider yang mampu membantu mengevakuasi penumpang apabila diperlukan, sudah berada di sekitar KM. Sirimau sejak pagi dini hari. 

Hal ini ditegaskan oleh Danlanal Maumere, Kolonel Laut (P) Dwi Yoga P., M.Tr.Hanla., M.M., CTMP., di tempat terpisah,

"Sejak adanya info kandasnya KM. Sirimau di Perairan Adonara dari Babinpotmar Posal Lembata, kami segera menyiapkan serta mengirimkan Speed Patkamla Searider untuk membantu evakuasi di sana", tutur Kolonel Yoga.

"Tugas kami (TNIAL. red) adalah melindungi segenap tumpah darah Indonesia, oleh karenanya kami siap membantu masyarakat setiap saat apabila diperlukan",  jelas Danlanal Maumere. (Mardat). ***

RELATED NEWS