Komodo Betina Bisa Bertelur Tanpa ‘Sentuhan’ Pejantan. Simak Beberapa Fakta Unik Lainnya

redaksi - Selasa, 07 September 2021 21:15
Komodo Betina Bisa Bertelur Tanpa ‘Sentuhan’ Pejantan. Simak Beberapa Fakta Unik LainnyaKomodo (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) - Berdasarikan catatan National Geographic dan penelitian para ahli,  binatang purba Komodo merupakan kadal terbesar dan terberat di bumi.

Dari berbagai pengamatan, Komodo bisa tumbuh mencapai panjang 3 meter dengan berat hingga 136 kg. 

Hewan ini memiliki habitat di Pulau Komodo, Rinca, dan beberapa pulau kecil di Provinis Nusa Tenggara Timut (NTT).

Juga di beberapa kawasan bagian utara Manggarai dan Ngada, antara Riung hingga Reo, juga  ditemukan Komodo jenis lain, dengan ukurannya yang lebih kecil kecil dengan warna kulit yang lebih terang.

Ada beberapa fakta menarik tentang Komodo yang perlu Anda ketahui. Media ini coba merangkum dari berbagai sumber, termasuk LiveScience dan National Geographic.

 1.    Ternyata Komodo betina bisa bertelur tanpa kawin Seperti biasanya pada masa kawin, Komodo jantan akan membuahi Komodo betina. Namun, bagaimana kalau tak ada jantan seperti dari pengamatan di sejumlah kebun binatang dalam dan luar negeri? Jika tidak ada Komodo jantan,  maka Komodo betina mampu bertelur tanpa proses pembuahan. Dalam ilmu bilogi kenyatan ini  disebut dengan isntilah parthenogenesis, yakni reproduksi aseksual yang memungkinkan sel telur tumbuh tanpa pembuahan.

 2.    Fakta lain yang menarik adalah bahwa kendati Komodo ini hanya ditemukan di Flores, Indonesia  dan berkeliaran di pulau sejak ratusan ribu tahun lalu di sana, asal muasal hewan ini masih menjadi perbedatan di antara para ahli. Ada yang mengatakan Komodo menyeberang dari Australia, sedangkan sebagian ahli yang lain mengatakan berasal dari Asia.   

 3.    Komodo bisa berenang  Kendati sering mendiami dan hidup di daratan, Komodo juga memiliki kemampuan berenang.

 4.    Komodo juga bisa memakan anaknya sendir. Binatang kanibal yang sering disebut buaya darat ini bisa menyantap hewan buruan hingga 80% berat tubuhnya. Makanan sehari adalah rusa, babi, kerbau air. Namun manusia pun bisa dimangsanya. Terlebih lagi, Komodo dewasa juga sanggup memakan anak-anak Komodo alias kanibal. Untuk menghindari induknya, makan anak-anak Komodo akan tinggal di atas pohon.

 5.    Berepa usia Komodo? Binatang ini secara normal akan hidup antara 40 sampai 50 tahun.

6.    Air liur binatang purba ini adalah bisa yang mematikan, air liur komodo mengandung racun yang mematikan dan membuat tekanan darah menurun dan menghambat pembekuan luka.  Maka sekali terkena terkaman Komodo yang mengleluarkan air liur, darah akan mengucur tanpa henti, lalu pelan-pelan hewan buruan akan  mati lemas karena kehabisan darah. (MAR dari berbagai sumber)

BACA JUGA:

 

Editor: Redaksi

RELATED NEWS