Lantik 19 Ners Prodi Keperawatan, Fikes, Unika Ruteng, Pater David: 'Jangan Lebih Mementingkan Handphone Ketimbang Pasien'

redaksi - Kamis, 09 November 2023 19:14
Lantik 19 Ners Prodi Keperawatan, Fikes, Unika Ruteng, Pater David: 'Jangan Lebih Mementingkan Handphone Ketimbang Pasien'Acara pelantikan dan pengambilan t sumpah profesi ners di Unika St Paulus Ruteng, Kamis (09/11), (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com)- Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Unika Santu Paulus Ruteng, David Djerubu, S.Fil.,M.A  memimpin sidang terbukau sekaligus melantik dan menerima  sumpah 19 ners lulusan Prodi Keperawtan, Fakes, Unika Santu Paulus Ruteng, di Lantai V, Gedung Timur, Kamis (9/11).

pada kesempatan itu David menegaskan bahwa menjadi seorang perawat atau ners pasti diuji saat melayani pasien. Kalian akan diuji tentang sejauh mana pengetahuan yang anda miliki. 

Oleh karena itu, semua pengetahuan yang telah kamu dapatkan harus benar-benar diterapkan.

"Anda harus menjadi perawat yang membawa perubahan. Karena itu, kolaborasi kompetensi yang anda miliki dan harus berani diterapkan", tegasnya.

“Seringkali anda menemukan persoalan di lapangan. Karena itu jadilah pribadi yang rendah hati. Bertanyalah kepada sesama jika ada hal yang tidak kamu ketahui," ujarnya.

"Jangan malu bertanya kepada dosen dan juga kepada sonior-senior anda saat mendapatkan kewalahan di tempat kerja. Kerendahan hati perlu", terang Dekan Fikes tersebut.

Tidak hanya itu, David Djerubu, S. Fil., M.A juga berpesan kepada peserta agar pentingnya menghargai orang lain saat dalam melakukan pelayanan. 

Menurut dia era sekarang adalah era di mana semua orang hampir setiap saat menggunakan handpone. Karena itu, saat melayani tolong jangan sulu utamakan handpone ketimbang manusia selaku objek yang kamu akan layani.

"Pesan saya ketika anda melakukan pelayanan, tolong hargai orang yang kamu layani. Jangan lebih mementingkan handphone ketimbang melayani pasien," pesanya.

Ia juga mengucapakan terimakasih kepada ketua DPD PPNI Kabupaten Manggarai. Terimaksih kepada Direktur Rumah Sakit dan kepala Puskesmas yang pernah menjadi tempat praktek anak-anak kami.

"Terimaksih kepada orang tua yang telah mempercayakan anak-anak untuk mengambil ners di sini. Tanpa kalian kami dan lembaga ini tidak bisa berdiri sendiri," tutupnya.

Ke-19 ners baru itu disahkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unika Santu Paulus Ruteng,  Nomor: 258/USP/ROO/KR05/KPT/09/2023 tentang lulusan Program Pendidikan Profesi Ners pada Progeam Studi Pendidikan Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan.

Sembilan belas ners yang dilantik telah lulus uji kompetensi nasional yang ditandai dengan penyerahan sertifikat uji kompetensi kepada masing-masing peserta.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini ketua Dewan pimpinan Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia cabang Ruteng, Ns. Lodovikus Moa, S.Kep.,M.Sc, para dosen Prodi Sarjana Keperawatan, masing-masing Kedua orang tua peserta pelantikan dan beberapa stakeholder dari Rumah sakit umum Daerah Ruteng dan beberapa utusan puskesmas.

Sidang terbuka pelantikan Profesi Ners tersebut dihadiri utusan pimpinan agama masing-masing yakni perwakilan agama Katolik dan Islam.

Pada kesempatan itu, paska upacara pelantikan selesai, perwakilan peserta sumpah menyampaikan sambutan yang begitu meriah dan sungguh apresiatif.

Ns. Matilda Putri Hadia, S.Kep dalam sambutanya mengucapkan terimaksih kepada bapak dan ibu dosen Program Studi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, serta turut berterimakasih kepada semua orang tua yang hadir.

"Terimaksih kepada orang tua. Terimakasih kepada Bapak dan Ibu Dosen Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners. Kami akan selalu menjaga nama baik almamater kemanapun kami ditempakan saat bekerja nanti." Ungkap Putri sapaan akrabnya.

Tidak hanya itu, Putri juga mensuport teman-temannya agar terus menjadi pribadi yang baik dalam segala hal. Baik saat melayani pasien maupun orang lain yang siap kita layani.

Selamat berkarya. Jadilah ners yang loyalitas tinggi dan berjuang untuk kepentingan semua orang.

Pada kesempatan yang sama, ketua DPD PPNI, Ns. Lodovikus Moa, S.Kep.,M.Sc menyampaikan sambutanya kepada seluruh hadirin dan mengajak peserta pelantikan agar mulai bekerja sama dalam segala bidang di dunia kerja.

"Semoga kedepannya kita selalu bekerja bersama. Saya mengajak kita semua untuk bekerja dalam tim saat kita berada di dunia kerja, khusunya di fasilitas pelayanan.

"Saya juga mengajak kita semua unruk terus belajar ke depannya. Jangan hanya belajar ilmu kesehatan, tetapi semua bidang ilmu perlu dipelajari," tambahnya.

Kemudian, ketua DPD Cabang Manggarai itu pula mengucapakan profisiat kepada peserta pelantikan dan angkat sumpah profesi ners.

Kepada orang tua peserta, ia mengatakan bahwa cinta kalian menjadikan anak-anak anda sampai pada puncak perjuangan mereka. (Jivansi). ***

RELATED NEWS