Liburan Nataru Sudah Dekat, Jika Berlibur ke Labuan Bajo Jangan Lewatkan Kuliner Unik Ini

redaksi - Kamis, 21 Desember 2023 06:01
Liburan Nataru Sudah Dekat, Jika Berlibur ke Labuan Bajo Jangan Lewatkan Kuliner Unik IniKompiang Manggarai (sumber: Istimewa)

LABUANBAJO (Floresku.com) - Labuan Bajo selalu menarik bagi wisatawan, apalagi saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). 

Salah satu destinasi wisata impian di Indonesia Timur ini bukan hanya populer akan wisata alamnya dan budayanya saja. Namun juga berbagai kuliner khasnya yang bikin penasaran. 

Kuliner lokal Labuan Bajo memiliki cita rasanya  yang begitu unik.

Ada berbagai macam makanan khas  yang bisa Anda cicipi coba saat mengunjungi destinasi wisata premium, Labuan Bajo. 

Salah satu kudapan unik di Labuan Bajo adalah roti bulat yang akrab disebut Kompyang. 

Sebetulnya Kompyang atau Kompiang bukan panganan asli Manggarai Flores, tetapi berasal dari Cina. Kompyang berasal dari Fuzhou, ibu kota Provinsi Fujian, Republik Rakyat Tiongkok. Dalam Dialek Jian'ou disebut Guang-biang. 

Ini  adalah sejenis roti atau kue khas Tionghoa. Penyebaran penganan ini meluas di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Di Manggarai, Kompyang awalnya hadir di Kota Ruteng, dikelola oleh warga keturunan Tiongkok, pemilik Tokok Tarzan. Makanya, Kompyang Manggarai dikenal juga sebagai Kompyang Tarzan.

Belakangan, seiring dengan pertumbuhan pesar pariwisata Labuan Bajo, Kompyang juga muncul di Labuan Bajo.

Roti Kompyang juga menjadi oleh-oleh khas Labuan Bajo dengan taburan wijen dan rasa yang nikmat. 

Kompyang sangat cocok jadi camilan ditemani Kopi Flores saat bersantai selama berwisata di ujung barat Pulau Flores. (Sandra). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS