Luapan Kali Ijura dan Kali Liba Rendam Persawahan di Tiga Desa, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka

redaksi - Senin, 27 Februari 2023 18:22
Luapan Kali Ijura dan Kali Liba Rendam Persawahan di Tiga Desa, Kecamatan Magepanda, Kabupaten SikkaSawah yang direndam banjir. (sumber: Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Akibat luapan kali Ijura dan Liba usai hujan deras, banjir langganan kembali melanda puluhan hektar persawahan di tiga desa di Kacamatan Magepanda, Jumat, 24 Febrruari 2024.

Kepala Desa Magepanda, Servasius Martinus Mau mengatakan, kurang lebih sekitar 30-an hektar sawah milik petani yang rusak akibat banjir.

"Padi yang rusak dibawa air itu milik petani di tiga desa yakni, Desa Magepanda, Desa Done dan Desa Wodhamude hancur dibawa air,” kata Servasius ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu, 25 Februari 2023.

Kata Servasius, pihaknya belum merincikan berapa total kerugian yang dialami petani akibat kejadian itu.

Karena sawah yang rusak itu berbeda-beda. Ada yang satu hektar, dua hektar. Padi yang siap panen sekitar ratusan ton disapu rata akibat banjir,” ujarnya.

Servasius bilang, pihaknya sudah berulang kali berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten agar membangun turap pengaman di bantaran kali Ijura dan Liba. Namun, belum terealisasi hingga sekarang.

“Kalau tidak dilakukan akan banjir terus. Sudah ada turap tapi sepotong-sepotong,” ujarnya.

Servasius berharap Pemkab Sikka agar memperhatikan  masalah ini secara serius. (Mardat). ***

RELATED NEWS