Luncurkan Buku 'Rentenir Politik', Ketua FTBM Matim: Buku Ini sebagai Motivasi untuk Generasi Muda dalam Berliterasi

redaksi - Sabtu, 28 Mei 2022 21:07
Luncurkan Buku 'Rentenir Politik', Ketua FTBM Matim: Buku Ini sebagai Motivasi untuk Generasi Muda dalam BerliterasiCover Buku 'Renternir Politik' (sumber: Nardi)

BORONG, (Floresku.com)-Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Manggarai Timur (Matim) meluncurkan buku perdananya dengan judul Rentenir Politik yang ditulis Wartawan Flores News sekaligus Ketua Bidang Publikasi, Nardi Jaya.

Acara peluncuran berlangsung di sekretariat FTBM yang beralamat di Lorong Gua, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong pada Jumat, 27 Mei 2022.

Ketua FTBM Matim, Ino Sengkang, dalam kesempatan tersebut mengapresiasi gebrakan yang dilakukan Penulis. Menurut Ino, Nardi Jaya adalah salah satu Generasi Matim yang berbicara lewat karya.

"Nardi berhasil mencetak salah satu bagian penting dalam visi VTBM Matim yakni menciptakan generasi literasi yang berkarakter mulia," ungkapnya.

Acara peluncuran berlangsung di sekretariat FTBM yang beralamat di Lorong Gua, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong pada Jumat, 27 Mei 2022. (Foto: Nardi J

Ia menambahkan, dirinya tidak berkomentar lebih banyak, apalagi menggugat dan mengurai lebih detail tentang judul bukunya. Sebab, menurut dia, proses kreatif isi buku Rentenir Politik adalah hasil racikan karya jurnalistik seorang Nardi Jaya.

"Kiranya kehadiran buku ini sebagai fragmen lentera cahaya literasi dan motivasi generasi muda Manggarai Timur. Saya berharap akan ada banyak anak muda Matim yang mencintai dunia literasi," pungkasnya.

Sementara itu, Kristian Emanuel Anggur, selaku penyelaras bahasa karya Nardi Jaya ini menegaskan, buku Rentenir Politik menampilkan tipikal kritik membangun berdasarkan fakta dan data. Walaupun cukup keras dan tajam, namun berbasis nilai edukatif-didaktis tanpa mengabaikan etika. Sumbang-saran Nardi, secara terbuka mengingatkan adanya disorientasi dan tantangan leadership yang perlu dibenahi bersama.

Bahasa buku Nardi Jaya, tegas penulis beberapa buku ini, 'Rentenir Politik– Menguak Fakta Di Balik Berita,' sedikit menggugat berbagai fakta hasil liputannya di lapangan. Diksi yang digunakan Nardi, sangat kental dengan semiotika pasar. Tetapi untuk mengetahui dalam perlu baca buku ini agar kita mengetahui apa itu  rentenir politik.

Untuk diketahui, Buku Rentenir Politik diterbitkan dengan nomor ISBN 978-623-5283-25-8, Cetakan Yogyakarta 2022 dan sudah terdata Perpustakaan Nasional. (Filmon Hasrin).

RELATED NEWS